Xiaomi akan Hadirkan Ponsel dengan Kamera 192 Megapiksel

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Kamis, 01 Juli 2021
Xiaomi akan Hadirkan Ponsel dengan Kamera 192 Megapiksel
Xiaomi akan menghadirkan ponsel dengan kamera 192 megapiksel (Foto: bestmobs)

BELAKANGAN ini Samsung dikabarkan tengah menyiapkan sensor kamera 200 Megapiksel. Mengenai hal itu, kabarnya Xiaomi yang akan menjadi vendor pertama yang menggunakan sensor tersebut.

Detail tentang ponsel canggih Xiaomi itu mulai terkuak perlahan, karena bocoran dari tipster asal Tiongkok.

Baca Juga:

Xiaomi Tengah Kembangkan Isi Baterai Ponsel dengan Suara

Lewat sebuah postingannya di Weibo, tipster asal China Digital Chat Station, mengungkapkan bahwa Xiaomi tengah menyiapkan ponsel dengan kamera 192 Megapiksel.

Adapun sensor tersebut nantinya dikabarkan akan menggunakan teknologi pixel binning 16-in-1 yang akan menghasilkan foto 12 Megapixel ketika diperbesar atau di crop.

Ponsel baru Xiaomi dikabarkan akan menggunakan chipset snapdragon 895 (Foto: xda developer)

Ponsel baru Xiaomi itu dikabarkan akan menggunakan Chipset dari Qualcomm dengan kode SM8450. Chipset tersebut merupakan penerus dari Snapdragon 888, yang kemudian akan mengemban nama Snapdragon 895.

Chipset tersebut dibuat dengan arsitektur 4 nm dan akan menggunakan inti CPU Kryo 780 generasi terbaru, GPU Adreno 730 generasi terbaru, GPU Spectra 680 generasi terbaru, hingga modem X65 yang mendukung jaringan 5G.

Kemungkinan Qualcomm akan mengenalkan Snapdragon 895 tersebut pada akhir tahun 2021. Kabarnya, Lenovo yang akan menjadi vendor pertama pengguna chipset flagship generasi terbaru itu.

Seperti yang dilansir dari laman GSM Arena, Digital Chat Station pun akan mengungkap detail lain tentang ponsel canggih dari Xiaomi. Kabarnya, ponsel tersebut memiliki desain melengkung dengan punch-hole pada kamera depan.

Satu hal yang masih menjadi misteri, yakni ponsel Xiaomi seri apa yang akan mengusung kamera 192 Megapixel nantinya.

Sebelumnya ponsel pertama yang mempunyai kamera 108 Megapixel yakni Mi Note 10, yang diluncurkan tahun 2019 lalu, dan bukan merupakan ponsel flaship.

Tapi, kemungkinan besar ponsel canggih Xiaomi itu tak akan meluncur ke publik q tahun ini. Karena, Snapdragon 895 baru akan diumumkan di akhir tahun 2021.

Selain akan menghadirkan ponsel dengan kamera megapixel tinggi, Xiaomi belum lama ini juga dilaporkan telah mengajukan sebuah paten teknologi, yang digadang-gadang bisa diterapkan di masa depan, yaitu sound charging.

Dilansir dari laman Gizchina, paten tersebut kabarnya telah didaftarkan ke China National Intellectual Property Administration (CNIPA).

Baca Juga:

Pertikaian antara Infinix dan Xiaomi Kian Memanas

Pada penjelasannya, diungkapkan bahwa teknologi sound charging akan menggunakan suara dan komponen lainnya, untuk mengisi daya ponsel.

Xiaomi akan menghadirkan teknologi sound charging (Foto: wccftech)

Selain itu, paten tersebut pun melibatkan perangkat penyimpan energi serta perangkat elektronik.

Adapun teknologi sound charging yakni mencakup perangkat pengumpul suara, sejumlah perangkat konversi energi, serta daya yang mengubah getaran suara di lingkungan, ke getaran mekanis.

Kemudian, pada paten Xiaomi itu, disebutkan juga bahwa perangkat elektronik tersebut akan mengubah getaran mekanis, menjadi arus bolak-balik (AC), dan diubah menjadi arus searah (DC) dengan perangkat konversi daya.

Dengan begitu, bila benar paten tersebut direalisasikan, para pengguna ponsel pintar nantinya tak perlu lagi mencari soket listrik, karena hanya dengan suara saja, bisa mengisi daya baik untuk perangkat ponsel pintar atau elektronik lainnya. (Ryn)

Baca Juga:

Ponsel Gaming Infinix X Mobile Legends: Bang Bang Segera Diluncurkan

#Teknologi #Xiaomi
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan