Xbox Series X Dukung Dua Kali Lipat Frame Rate di Gim ‘Jadul’ Memberikan dua kali lipat frame rate pada gim jadul. (Foto: The Verge)

PERANGKAT lunak yang diproduksi Microsoft, Xbox Series X mendukung dua kali lipat fram rate di gim ‘jadul’. Selain itu, Microsoft juga sedang dalam tahap perencanaan untuk menambahkan High Dynamice Range (HDR) untuk mendukung permainan di konsol Xbox Series X mendatang. Gim yang memiliki 30fps bahkan bisa menjadi 60fps atau 120fps.

“Dalam kemitraan dengan Xbox Advanced Techonology Group, Xbox Series X menghadirkan inovasi HDR yang memungkinkan platform secara otomatis menambahkan dukungan HDR ke dalam gim,” jelas Jason Ronald direktur mitra manajemen program seperti dilansir dari laman The Verge.

Baca juga:

Captain Price akan Hadir untuk Season 4 Call of Duty: Warzone

Memberikan resolusi gambar yang lebih berkualitas. (Foto: Tech The Lead)
Memberikan resolusi gambar yang lebih berkualitas. (Foto: Tech The Lead)

Menurut Ronald, teknik ini ditangani oleh platform itu sendiri dan memungkinkan pihaknya mengaktifkan HDR tanpa dampak pada kinerja gim. Mereka juga sudah menerapkannya di Xbox 360 dan Xbox original yang dikembangkan hampir 20 tahun lalu, jauh sebelum keberadaan HDR.

Ronald tidak menjelaskan secara pasti bagaiamana Microsoft menambahkan HDR ke gim yang ada. Teknik rekonstruksi HDR terbaru dari Microsoft diterapkan di beberapa tingkat platform, sehingga tidak memerlukan terobosan baru dari para pengembang. Microsoft mungkin hanya meningkatkan dan memproses gim dalam HDR, mirip dengan bagaimana Apple memaksa semua konten non 4K menjadi 4K HDR untuk Apple TV-nya.

Microsoft juga berencana untuk meningkatkan dan melesatarikan beberapa gim lama yang ada di Xbox Series X dengan meningkatkan frame rates.

Baca juga:

Intip Gameplay Terbaru dari The Last of Us Part II

“Tim kompabilitas telah menemukan teknik baru yang memungkinkan gim lama dimainkan pada resolusi dan kualitas gambar yang lebih tinggi. Namun, tidak menghilangkan unsur dari versi aslinya,” kata Ronald.

“Kami juga menciptakan seluruh inovasi kelas baru, termasuk kemampuan untuk menggandakan fram rate dari serangkaian gim 30fps menjadi 60fps, atau 60fps menjadi 120fps,” lanjutnya.

Ronald tidak mengungkapkan secara pasti bagaimana Microsoft mencapai hal ini. Namun, ia berjanji bahwa peluncuran Xbox Series X dilakukan dalam waktu dekat. Bersamaan dengan penigkatan gim, Microsoft juga mengungkapkan bahwa fitur ‘Lanjutkan Cepat’ untuk Xbox Series X dapat diaktifkan pada setiap gim.

Fitur ini adalah fitur yang memungkinkan kamu dengan cepat beralih di antara beberapa gim dan melanjutkan gim yang kamu tinggalkan. (And)

Baca juga:

Sukses Besar, 'Sonic the Hedgehog' akan Dibuatkan Sekuel


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH