Xanana Gusmao Ajak Mahasiswa Timor Leste ke Makam Habibie

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 15 September 2019
Xanana Gusmao Ajak Mahasiswa Timor Leste ke Makam Habibie
Presiden pertama Timor Leste Xanana Gusmao dan Ilham Akbar Habibie menaburkan bunga di pusara Presiden RI ke-3 BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta, Minggu (15/9). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Merahputih.com - Presiden pertama Timor Leste, Kay Rana Xanana Gusmao mengajak para mahasiswa Timor Leste ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu (15/9). Xanana dan para mahasiswa itu memberi penghormatan terakhir kepada BJ Habibie.

Xanana menegaskan, mahasiswa Timor Leste yang menempuh pendidikan di Indonesia perlu mengetahui jasa Habibie pada pendirian negara, yang berjuluk Bumi Loro Sae itu.

Baca Juga:

Ilham Habibie Bantah Kabar Ayahnya Donorkan Mata Untuk Thareq

"Mereka (mahasiswa) datang ke makam untuk memberi penghormatan kepada beliau. Jika bukan karena Pak Habibie, mereka tidak akan merasakan kebebasan yang ada hari ini," kata Xanana, Minggu (15/9).

Xanana tiba di TMP Kalibata didampingi oleh Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto XP Carlos dan sekretaris pribadi Habibie, Rubijanto.

Sesampainya di pusara Habibie, Xanana duduk terdiam selama beberapa menit, dan ia lanjut meletakkan rangkaian bunga dan menaburkan bunga di atas makam presiden RI ke-3 itu.

Presiden Pertama Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao atau Xanana Gusmao (kanan) berbincang dengan putra almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie, Ilham Akbar Habibie (kiri), saat bertakziah ke rumah mendiang di Patra Kuningan, Jakarta, Sabtu (14/9/2019). (ANTARA/M. Risyal Hidayat)

Usai menaburkan bunga di makam Habibie, Xanana lanjut mengalungkan rangkaian bunga di pusara istri Habibie, Hasri Ainun Besari.

Tak lama setelah prosesi ziarah berlangsung, putra Habibie, Ilham Akbar Habibie, tiba di TMP Kalibata. Xanana pun mengulang penaburan bunga ke makam sembari menggandeng tangan Ilham.

Sebelumnya, Xanana mendatangi kediaman mendiang BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta, Sabtu (14/9) malam. Di sana, mantan presiden Timor Leste itu menyampaikan rasa dukanya langsung kepada Ilham.

Baca Juga:

Ilham Ungkap Ayahnya Setiap Jumat Berdoa di Pusara Ainun Habibie

Dalam pertemuan itu, sebagaimana dikutip Antara, Xanana memberikan dua surat kepada Ilham. Satu surat merupakan titipan dari Pemerintah Timor Leste sementara satu lainnya adalah surat pribadi dari Xanana.

BJ Habibie wafat di Jakarta pada Rabu (11/9). Ia dikebumikan pada Kamis (12/9) di Taman Makam Pahlawan Kalibata, tepat di samping pusara istrinya, Hasri Ainun Besari. (*)

#BJ Habibie #Xanana Gusmao
Bagikan
Bagikan