Otomotif

Wuling Luncurkan Sepeda Motor Cruiser Serpol No. 1

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 06 Maret 2023
Wuling Luncurkan Sepeda Motor Cruiser Serpol No. 1
Sepeda motor bergaya cruiser yang mirip Honda Rebel. (Foto: Wuling)

BANYAK produsen sepeda motor Cina telah meluncurkan cruiser kecil hingga menengah yang dirancang untuk pasar Asia. Berkat ketinggian joknya yang rendah, motor penjelajah menjadi titik awal yang baik bagi pengendara pemula yang memiliki masalah dengan tinggi badan namun ingin naik kelas.

Beberapa langkah serupa telah ditunjukkan sejumlah pabrikan, seperti QJ Motor, Voge, dan bahkan Moto Morini. Kali ini, satu lagi merek asal Cina yang ingin masuk ke pasar tersebut. Wuling Motors kini menjadi produsen otomotif asal Cina yang ingin memproduksi mobil dan sepeda motor, seperti diungkap Motor1.

Inisiatif roda dua terbarunya disebut Serpol No. 1, sebuah sepeda motor cruiser bergaya neo-retro dengan sentuhan sporty. Dalam hal desain, jelas bahwa Serpol No. 1 telah mengambil beberapa isyarat gaya dari Honda Rebel 500, dan diyakini akan ada lebih banyak kesamaan dengan Rebel daripada sekadar desain.

Baca juga:

Suka Touring Naik Motor? Jangan Lupa Siapkan Toolkit Ini

Wuling siapkan sepeda motor cruiser berkapasitas 471 cc. (Foto: Wuling)

Namun, ada sebuah penutup lampu depan nan sporty dan half-fairing yang memberikan tampilan depan yang lebih sporty pada motor ini. Meskipun begitu, sudut tajam fairing terlihat sedikit tidak pada tempatnya berkat garis-garis yang mengalir ke arah belakang motor.

Motor penjelajah ini dilengkapi dengan lampu LED depan dan belakang, tangki bahan bakar yang miring, dan sepatbor belakang yang terbuka. Ban yang tebal memberikan tampilan yang agresif pada motor ini, sementara velg jari-jari kawat menekankan inspirasi retro.

Dari sisi performa, Wuling Serpol No. 1 dilengkapi dengan mesin yang mungkin menjadi mesin yang paling umum di industri sepeda motor Cina, yakni mesin berkapasitas 494cc, berpendingin cairan, injeksi bahan bakar, dan mesin kembar paralel dari sesama perusahaan Cina, Loncin.

Baca juga:

Royal Enfield Bikin Bisma Eks SMASH kembali Jatuh Cinta pada Riding

Baru hanya tersedia untuk pasar Cina. (Foto: Wuling)

Mesin itu diperbarui pada tahun 2021 untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar berkat kapasitas yang lebih besar. Namun, di balik selubungnya, mesin tersebut sebenarnya merupakan tiruan dari mesin paralel-kembar 471cc milik Honda.

Ya, mesin yang sama yang ditemukan di Rebel 500. Dalam kasus Serpol No. 1, mesin ini menghasilkan 54 tenaga kuda, dan mengirimkan semua tenaga tersebut ke roda belakang melalui transmisi manual enam percepatan.

Saat ini, belum ada kabar apakah Wuling akan memasarkan Serpol No. 1 di luar pasar Cina atau tidak. Harga di pasar Cina juga belum ditentukan, jadi jangan berharap untuk melihat cruiser itu di lingkungan tempat dirimu tinggal dalam waktu dekat. (waf)

Baca juga:

Gampang, 'Recharge' Cairan Rem Sepeda Motor di Rumah Saja

#Otomotif #Motor
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan