Wuling Air EV Jadi Mobil untuk Delegasi di KTT G20, Intip Spesifikasinya

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 01 November 2022
Wuling Air EV Jadi Mobil untuk Delegasi di KTT G20, Intip Spesifikasinya
216 unit tipe Long Range dan 84 unit tipe Standard Range Air EV untuk KTT G20. (Foto: Wuling)

SEBANYAK 300 unit Air EV diserahkan oleh President Director Wuling Motors Shi Guoyong kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Plaza Bung Karno, Parkir Selatan GBK, Jakarta, seperti yang terungkap melalui laman Instagram resmi Kementerian Sekretariat Negara RI, Jumat (28/10).

Sebagai official car partner untuk hajatan KTT G20, Wuling menyerahkan sebanyak 300 unit Air EV yang terdiri dari 216 unit tipe Long Range dan 84 unit tipe Standard Range. Mobil itu nantinya akan digunakan untuk mendukung kelancaran mobilitas para delegasi anggota G20 dan organisasi internasional selama 15-16 November 2022 di Bali.

Kendaraan listrik nan mungil itu nantinya akan menjalankan tugas kenegaraan untuk menemani para anggota organisasi internasional yang hadir pada acara tersebut, seperti Asian Development Bank (ADB), World Health Organization (WHO), hingga World Trade Organization (WTO).

Baca juga:

Wuling Resmi Luncurkan Air ev Secara Global di GIIAS 2022, Intip Harganya

Seremoni serah terima Wuling Air EV sebagai kendaraan operasional KTT G20. (Foto: Wuling)

Wuling Air EV merupakan kendaraan listrik berukuran compact yang memberikan kemudahan mobilitas bagi pengendara dan penumpangnya. Wuling Air EV memang dibangun dalam platform GSEV alias Global Small Electric Vehicle (GSEV). Ini merupakan platform yang dibuat Wuling untuk semua kendaraan listriknya.

GSEV platform ini mengusung empat elemen yaitu: kecil tapi lega, cocok untuk pemakaian harian, fitur yang cerdas, dan keamanan. Melalui GSEV platform ini Wuling menghadirkan kendaraan mungil yang memungkinkan untuk parkir di area terbatas. Juga memiliki kabin yang nyaman dengan empat kursi.

Mobil itu memiliki dimensi panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm. Velg berukuran 12 inci dengan ban 145/70 R12. Adapun daya hentinya didukung rem cakram pada bagian depan dan rem cakram pada bagian belakang untuk tipe Long Range. Sementara untuk tipe Standard, rem belakangnya menggunakan rem drum.

Baca juga:

Polri akan Gunakan Mobil Listrik untuk Kendaraan Dinas di KTT G20

Adapun baterainya baik untuk tipe Long dan Standard Range sama-sama menggunakan baterai Lithium Ferro-Phosphate dengan IP67 rating untuk tahan air. Kapasitas baterai tipe Long Range mencapai 26,7 kWh, sementara tipe Standard Range hanya 17,3 kWh.

Menurut laman resmi Wuling, tipe Long Range membutuhkan waktu sekitar empat jam untuk mengisi baterai mobi itu hingga penuh dengan daya isi 6,6 kW AC. Sementara tipe Standard Range membutuhkan waktu sekitar 8,5 jam dengan daya 2,0 kW AC.

Adapun motornya ditugaskan untuk mengirim tenaga ke roda belakang dengan tenaga mencapai 30 kW untuk tipe Standard Range maupun Long Range. Bila kamu ingin kendaraan resmi G20 itu, harganya dibanderol mulai dari Rp 238-311 juta. (waf)

Baca juga:

Kendaraan Listrik Mulai Menjamur, Forum G20 Didorong Bahas Sampah Baterai

#Otomotif #Mobil Listrik #G20 #KTT G20
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan