Wujudkan Mimpi, 9 Anak Jalanan Indonesia Berlaga di Piala Dunia Rusia Skuat Tim Garuda Baru yang bakal berlaga di internasional Street Child World Cup (SCWC) 2018 di Moscow, Rusia. Foto:twitter

MerahPutih.com - Tim Garuda Baru yang beranggota sembilan anak jalanan siap berlaga di ajang internasional Street Child World Cup (SCWC) 2018 di Moscow, Rusia, pada 10-18 Mei mendatang.

Tim Garuda Baru merupakan sebuah inisiasi untuk membantu anak keluar dari kehidupan jalanan melalui media sepak bola. Program ini digagas tiga lembaga sosial, yakni Yayasan Transmuda Energi Nusantara (TEN), Kampus Diakoneia Modern (KDM), dan Yayasan Sahabat Anak (YSA).

Ketua Yayasan Transmuda Energy Nusantara (TEN), Mahir Bayasut mengatakan tujuan dibentuknya tim itu untuk membawa perubahan sosial dalam masyarakat, khususnya bagi anak-anak jalanan lewat sepak bola. Lewat SCWC ini anak jalanan tidak hanya bisa menyalurkan kegemaran mereka bermain sepak bola, melainkan juga memiliki pengalaman baru serta berkesempatan mewujudkan cita-cita.

garuda
Skuat Tim Garuda Baru yang bakal berlaga di internasional Street Child World Cup (SCWC) 2018 di Moscow, Rusia. (MP/Asropih)

"Mereka juga bisa berteman dengan anak-anak dari negara lain dan saling berbagi cerita pengalaman hidup, yang menjadi sumber inspirasi dan cerita bagi anak-anak yang masih mengalami keterbatasan sosial ekonomi untuk berani mengejar cita-cita," kata Mahir di Jakarta, Selasa (8/5).

Garuda Baru bakal berkompetisi secara sehat bersama dengan tim nasional dari 21 negara memperebutkan gelar Piala Dunia. Tim Garuda Baru sebelumnya telah menjalani tiga tahapan seleksi dan serangkaian pelatihan selama 8 bulan terakhir. Untuk mengoptimalkan persiapan, masa karantina juga dilakukan sebelum keberangkatan Tim yakni pada 30 April - 6 Mei 2018 di PUSDIKLAT SAG di Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Pembinaan yang diberikan tidak melulu mengenai latihan fisik dan sepak bola, melainkan juga soft skill pendalaman ilmu pengetahuan dan wawasan umum. Keberangkatan Tim Garuda Baru ke Rusia untuk mengikuti SCWC 2018, setelah sukses berpartisipasi di Brasil pada 2014 lalu.

garuda
Skuat Tim Garuda Baru yang bakal berlaga di internasional Street Child World Cup (SCWC) 2018 di Moscow, Rusia. (MP/Asropih)

Tim Garuda Baru rencananya akan tiba di Rusia, Kamis (10/5) besok, lalu mengikuti acara pengundian grup sehari kemudian. Beberapa Negara yang ambil bagian dalam SCWC 2018, Belarus, Bolivia, Brasil, Burundi, Kanada, Mesir, Inggris, India, Indonesia, Kenya, Liberia, Mauritius, Mexico, Nepal, Uzbekistan, Russia, Pakistan, Filipina, Tanzania, Tajikistan, dan Amerika Serikat.

Berbicara peluang juara di SCWC 2018, Pelatih Garuda Baru dari Universitas Negeri Jakarta, Wahyu Kurniawan meyakini tim asuhannya akan menunjukan kemampuan terbaiknya. Progres latihan yang selama ini dilakukan menunjukan peningkatan yang signifikan dan semua pemain Garuda Baru sudah memilik materi sepak bola yang cakap.

"Dari sembilan anak yang akan bertanding di Rusia, lima di antaranya sudah dibina lebih dari 3 tahun oleh Garuda Baru. Sedangkan empat orang anak lainnya juga sudah menjalani pelatihan selama lebih dari setahun. Daya tahan tubuh masing-masing pemain semakin baik setiap harinya, ini dilihat dari hasil uji Beep Test yang kami lakukan secara berkala," ujar Wahyu.

Berikut sembilan pemain yang tergabung dalam Tim Garuda Baru:
1 Malikal Febry Pratama
2. Ryan Febriayansah
3. Andre Widianto
4. Sugeng Reja Pamungkas
5. Bayu Pamungkas
6. Somad
7. Aditiya Rahman
8. Krisna Sugina
9 Ardi Nata. (Asp)

Kredit : asropih


Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH