Wujudkan Kekuatan Utama Ekonomi, TNI Fokuskan Kerjasama Militer dengan India Marsekal Pertama TNI Firdaus Syamsudin dan Duta Besar Republik Indonesia untuk India, Sidharto Reza Suryodipuro. (MP/Kaugrahan)

MerahPutih.com - Sebanyak 75 Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Sesko TNI melakukan kunjungan ke Duta Besar Republik Indonesia untuk India, Sidharto Reza Suryodipuro.

Dalam lawatan tersebut, Dubes Sidharto mengatakan kepada para Siswa Sesko TNI Angkatan XLVI TA 2019 bahwa India dan Indonesia memiliki pandangan yang sama terutama tentang Indo-Pacifik.

"Dimana militer memainkan peranan yang penting," ujar Sidharto dalam keterangan pers yang diterima MerahPutih.com di Jakarta, Jumat (3/5).

Duta Besar Republik Indonesia untuk India, Sidharto Reza Suryodipuro. (MP/Kaugrahan)
Marsekal Pertama TNI Firdaus Syamsudin. (MP/Kanugrahan)

Ia melanjutkan, dalam tiga dekade ke depan, Indonesia dan India diharapkan dapat menjadi kekuatan ekonomi dunia nomor dua dan empat. Hal ini menunjukkan betapa strategisnya hubungan kedua negara ini di Kawasan Indo-Pacifik.

"Apalagi, bila dilakukan pembangunan yang memiliki visi bersama seperti dalam bidang maritim, kerjasama dalam bidang pendidikan,peluang kerjasama antar kedua dalam pembuatan bersama pesawat terbang. Oleh karena itu diperlukan pemikiran strategis, inovatif, dan jangka panjang, " jelas Sidharto.

Pimpinan rombongan Marsekal Pertama Firdaus Syamsudin, mengucapkan penghargaan dan terima kasih atas penerimaan dan dukungan Dubes dalam kegiatan kuliah kerja luar negeri ini.

Sementara itu, Kapendam Jaya Kolonel (Inf) Kristomei Sianturi mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 75 Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Sesko TNI Angkatan XLVI TA 2019 yang terdiri dari 73 Perwira Siswa TNI/Polri dan 2 Perwira Siswa negara sahabat seperti Malaysia dan Australia.

"Kuliah Kerja Luar Negeri ini bertujuan untuk memperluas cara pandang, perspektif, pengetahuan tentang kebijakan pertahanan,industri pertahanan, sebagai bahan perbandingan guna mempererat kerjasama TNI dan angkatan bersenjata negara sahabat yang dikunjungi," kata Kristomei. (Knu)

Baca Juga: Pasukan Pakistan dan India Baku Tembak, Negara-Negara Besar Didesak Tahan Diri


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH