Otomotif

'Wrapping Sticker' pada Mobil Tidak Boleh Diwax!

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 21 April 2020
'Wrapping Sticker' pada Mobil Tidak Boleh Diwax!
Wrapping sticker membuat mobil lebih bergaya. (Foto: Pexels/Mike Bird)

TEKNOLOGI semakin maju sehingga menghasilkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Seperti misalnya warna pada mobil yang dapat diubah atau dimodifikasi sesuai keinginan.

Dahulu kalau mau mengubah atau memodifikasi warna mobil tidak ada jalan lain, harus dicat ulang. Namun saat ini hal itu sangat mudah dilakukan, hanya tinggal membungkusnya dengan stiker khusus untuk mobil atau kendaraan lainnya.


Baca Juga:

Menghalau Jamur pada Kaca Mobil

mobil
Mobil yang menggunakan wrapping sticker juga harus dicuci. (Foto: Unpslash/Jan Kopriva)

Stiker pembungkus body mobil ini atau dikenal dengan istilah wrapping sticker menjadi populer dalam satu dekade belakangan ini. Bahkan warna yang tidak bisa dibuat pada proses pengecatan, dapat dilakukan dengan stiker. Kalau bosan dengan warna tertentu dan mau ganti dengan warna lainnya, tinggal melepas stiker lama ganti dengan yang baru. Stiker ini hadir dalam dua jenis yakni doff dan glossy.

Tentunya untuk menjaganya tetap baik dan tidak kusam, butuh perawatan yang harus dipahami oleh pemilik mobil. Seperti yang dikatakan oleh Elvan dari First Autowrap kepada KabarOto, jika stiker glossy perawatannya sangat mudah. Tidak memerlukan cara-cara tertentu, membersihkannya seperti membersihkan mobil biasanya.


Baca Juga:

Sudah Musim Hujan! Pakai 'Coating' Kaca

mobil
Hati-hati wrapping sticker doff tidak boleh diwax. (Foto: Pexels/Kaboompicscom)


Namun dia menggarisbawahi kalau stiker doff memang memerlukan kehati-hatian. Wrapping sticker doff tidak boleh terkena wax. Sebab jika stiker doff terkena wax akan membuat bercak-bercak. Tentu saja ini membuat tampilan kendaraan menjadi rusak. Jika terlihat kotor sebaiknya cukup dilap pakai kain lembab .

Dia juga menekankan untuk membuat awet wrapping sticker ini sampai lebih dari tiga tahun jangan terlalu sering berada di terik matahari. Apalagi bila terkena hujan dan didiamkan saja akan membuat umur stiker lebih pendek. Minimal usia stiker ini mencapai dua tahun. (psr)

Baca Juga:

Ban Tetap Awet, Berumur Panjang

#Mobil
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan