Wow, Ubud Menjadi Kota Terbaik Kedua Se-Asia Terdapat puluhan galeri kesenian lokal di Ubud (Foto: Instagram/@ubudhood)

KAMU patut bangga sebagai warga Indonesia. Apalagi sebagai warga Bali. Ubud, Bali, ternyata masuk 10 besar kota terbaik di dunia. Ubud menjadi kota terbaik kedua se-Asia. Peringkat tersebut berdasarkan rilis yang diberikan majalah wisata internasional, Travel+Leisure.

Ubud mendapatkan peringkat kedua dengan skor 88,74. Posisi pertama ditempati Kota Udaipur, India, dengan skor 89,31. Penilaian tersebut dilakukan berdasarkan survei pembaca yang sudah melakukan perjalanan ke Asia.

Selanjutnya mereka memberikan penilaian suatu kota dengan aspek penilaian terkait tempat wisata dan budaya, kuliner, keramahan penduduk, serta tempat untuk berbelanja.

Posisi Ubud sebagai kota terbaik se-Asia selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada 2016, Ubud berada di peringkat ketujuh. Selanjutnya, di 2017, Ubud kembali naik peringkat menjadi keempat. Tahun ini, Ubud berhasil menduduki peringkat kedua.

Ubud terletak di sekitar pegunungan yang sejuk (Foto: Instagram/@ubudhood)

Baca juga: Pulau Komodo Masuk 10 Besar Destinasi Terbaik di Asia 2018

Ubud merupakan jantung budaya Bali. Letaknya di pegunungan yang sejuk, hanya 1 jam perjalanan ke utara dari bandara. Kota pedesaan tradisional ini merupakan rumah bagi salah satu keluarga kerajaan Bali. Bahkan, wisatawan dapat mengunjungi istana megah yang terletak di pusat kota.

Ubud juga dikenal sebagai pusat kerajinan yang berkembang. Ubud terdiri dari beberapa desa, yakni Campuhan, Penestanan, Peliatan, dan Batuan. Komunitas itu mengkhususkan diri dalam kerajinan dan ukiran kayu yang dijual di seluruh pulau.

Ubud juga dikenal sebagai pusat kerajinan yang berkembang (Foto: Instagram/@ubudhood)

Selain itu, ada ratusan toko yang menjual barang antik, ukiran kayu, kerajinan tangan, tekstil, lukisan, dan perhiasan di Ubud. Beberapa museum seni terbaik di Indonesia juga terdapat di kota seluas 372 hektare ini.

Di sepanjang jalan utama Ubud, terdapat puluhan studio seni, pasar, dan galeri kerajinan lokal yang sangat bagus. Intinya, kalau kamu ingin melihat hasil kesenian-kesenian indah, Ubud lah tempatnya.

Beikut 10 kota terbaik Se Asia versi Travel+Leisure:

1. Udaipur, India

2. Ubud, Indonesia

3. Kyoto, Jepang

4. Luang Prabang, Laos

5. Hoi An, Vietnam

6. Chiang Mai, Thailand

7. Tokyo, Jepang

8. Bangkok, Thailand

9. Siem Reap, Kamboja

10. Thimphu, Bhutan.(ikh)

Baca juga: Bangga, Pulau Jawa Terpilih Sebagai Pulau Terbaik di Dunia

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH