Hari Batik Nasional

Wow! Tokoh Dunia ini Juga Pakai Batik

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 02 Oktober 2019
Wow! Tokoh Dunia ini Juga Pakai Batik
Beberapa tokoh dunia malah terpesona batik Indonesia. (foto: steemit)

DARI sekian banyak wastra tradisional Indonesia, batik jadi kebanggan tersendiri. Keindahan corak batik serta kearifan dalam proses pembuatannya telah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Penetapan itu terjadi pada 2 Oktober 2009.

Sejak saat itu, bangsa ini memeringati 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.
Sudah sepantasnya penetapan hari nasional itu membuat masyarakat Indonesia lebih mencintai budaya batik.

BACA JUGA: Investasi Batik Tulis Bisa Raup Keuntungan Ratusan Juta Rupiah

Lampu kuning akan menyala jika orang luar negeri malah mulai mencintai batik sebagai karya seni ketimbang masyarakat Indonesia. Ya, ketika makin jarang orang berbatik setiap hari, banyak tokoh dunia justru terpikat pesona batik Indonesia.
Banyak tokoh dunia yang pensaran bahkan sampai mencoba memakai batik. Siapa saja mereka?

1. Nelson Mandela

batik nelson mandela
Sering mengenakan batik saat acara resmi.(foto: BBC UK)


Tokoh besar dunia yang merupakan mantan Presiden Afrika Selatan ini ternyata memiliki kecintaan terhadap batik Indonesia. Kecintaan Mandela kepada batik dimulai ketika beliau mendatangi Indonesia pada 1990-an.

Saat itu, ia mendapat batik sebagai cinderamata atas kedatangannya ke Indonesia. Pada 1997, Mandela kembali ke Indonesia sebagai Presiden Afrika Selatan. Sebagai bentuk apresiasinya pada batik, ia mengenakan kemeja batik ketika itu.

Tidak hanya dalam kunjungan ke Indonesia, Mandela kerap mengenakan batik saat menghadiri acara besar, seperti kunjungan PBB. Presiden yang akrab disapa Winnie ini memopulerkan batik di kalangan para desainer Afrika Selatan. Mereka bahkan bereksperimen membuat motif campuran antara motif tradisional Afrika Selatan dan Indonesia.


2. Bill Gates

batik bill gates
Memakai batik saat hadir di Jakarta. (foto: pinterest)

Orang terkaya dunia pun tidak ketinggalan memilih batik sebagai outfit. Bill Gates kedapatan memakai batik saat menghadiri acara Presindetial Lecture di Jakarta Convention Center.

3. Barack Obama

batik barack obama
Tak asing lagi dengan batik. (foto: Daily mail)

Sebagai orang yang pernah tinggal di Indonesia, tentu Barack Obama tidak asing dengan batik. Karena itulah, ia memakai batik saat menghadiri East Asia Summit yang diselenggarakan di Kamboja.


4. Kai dan Sehun EXO

Tak hanya negawaran dan tokoh dunia, idol asal Korea Selatan pun pernah memakai batik sebagai pilihan pakaian saat di panggung. Mereka ialah Kai dan Sehun, idol dari boy band EXO.

Keduanya memakai batik sebagai baju panggung saat berada di acara SBS Inkigayo, sebuah acara musik Korea Selatan. Membayangkan idol asal Korea Selatan menyanyi dan menari diatas panggung menggunakan batik tentu membuat orang Indonesia semakin bangga dengan batik.

5. Suga BTS

batik SUGA BTS
Berfoto sambil mengenakan kemeja batik. (foto: animoapps)

Satu lagi idol asal Korea Selatan, yaitu Suga, yang pernah memakai batik. Pria dengan nama asli Min Yoongi ini menggunakan batik saat ia tengah memegang kamera kesayangannya. Diketahui, kemeja batik itu merupakan keluaran label 'Negeri Ginseng'.(jhn)

BACA JUGA: Butuh Waktu Lama Untuk Menghasilkan Kain Batik

#Lampu Kuning Oktober
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan