Wow, Tiongkok Bangun 30 Ribu Sekolah Sepak Bola

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 02 Februari 2018
Wow, Tiongkok Bangun 30 Ribu Sekolah Sepak Bola
Presiden China Xi Jinping dan istri Peng Liyuan tiba di bandara Hong Kong, China. (ANTARA)

MerahPutih.com - Tiongkok salah satu negara yang konsen untuk membina atlet berbagai macam olahraga. Sebut saja tenis meja atau bulu tangkis. Dalam olahraga sepak bola, Tiongkok tak tanggung-tanggung bangun pondasi masa depan dengan 30.000 sekolah sepak bola.

Pemerintah Tiongkok membangun sekitar 30 ribu unit sekolah sepak bola (SSB) hingga tahun 2025. Kementerian Pendidikan Tiongkok menyatakan bahwa pelatihan dan pendidikan sepak bola untuk anak usia dini dan remaja sudah dilaksanakan di lebih dari 20 ribu unit sekolah sejak bulan Juli 2017.

Namun panduan program pendidikan tersebut akan diterbitkan pada tahun ini untuk meningkatkan sistem pendidikan dan pelatihan sepak bola, baik di dalam kelas maupun di lapangan. Demikian Antara mengutip media resmi Tiongkok, Jumat (2/2).

Di dalam panduan baru tersebut akan mengatur bahwa beberapa sekolah yang terdaftar harus memberikan pelajaran sepak bola minimal sekali dalam sepekan.

Sekolahan yang ditunjuk untuk melaksanakan program tersebut harus menggelar pertandingan sepak bola antarkelas di dalam sekolah itu dan antarsekolah yang didahului dengan pelatihan secara intensif.

Kebijakan tersebut diambil untuk mewujudkan ambisi Presiden China Xi Jinping yang termasuk salah satu pemimpin dunia yang "gila bola".

Dia ingin mempersiapkan generasi muda Tiongkok memiliki keterampilan mengolah bola, termasuk dalam upaya lolos kualifikasi dan berhasil menjadi tuan rumah Piala Dunia, terlebih menjuarainya, demikian laporan radio pemerintah setempat.

Data Kementerian Pendidikan setempat menyebutkan bahwa jumlah sekolah menengah atas di China yang memiliki tim sepak bola andalan naik dua kali lipat pada 2015.

Banyak guru sepak bola, termasuk dari negara lain, didatangkan sejak tiga tahun yang lalu.

Sejauh ini prestasi sepak bola Tiongkok tidak terlalu menggembirakan, bahkan masih tertinggal dengan dua negara tetangga di Asia Timur, yakni Korea Selatan dan Jepang. (*)

#Sepak Bola #Tiongkok
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan