Kesehatan

Wow! Peneliti Temukan Penghancur Sel Kanker

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 09 Juli 2018
Wow! Peneliti Temukan Penghancur Sel Kanker
Ilustrasi penyakit (Foto: pixabay/kimono)

SEBUAH tim peneliti dari Amerika Serikat, belum lama ini, mengklaim telah menemukan obat khusus yang dapat membantu tubuh menghacurkan sel kanker.

Jurnal Nature Biomedical Engineering melansir perawatan tersebut dapat meningkatkan kemampuan sel darah putih yang disebut makrofag dalam memakan sel kanker jahat yang tak diinginkan tubuh. Hal tersebut terbukti dari penelitian yang dilakukan pada tikus percobaan.

Hasilnya, penelitian itu menunjukkan bahwa terapi itu cukup efektif pada kasus tumor payudara dan kanker kulit yang cukup agresif. Demikian dilansir BBC.

(Foto: webmd)

Terkait dengan hal itu, Dr Ashish Kulkarni beserta timnya dari Brigham and Women's Hospital Harvard Medical School mengatakan obat tersebut bekerja dalam dua cara. Pertama, obat mencari sel-sel kanker yang tersembunyi dan mengirimkan sinyal 'makan saya' kepada makrofag.

Pada tahap kedua, obat tersebut mampu 'memberi tahu' tumor untuk berubah menjadi jinak. "Hal ini menjanjikan. Banyak hal yang perlu dilakukan sekarang. Hal ini menunjukan bahwa pendekatan ini dapat digunakan untuk mengobati pasien kanker," tutur Carl Alexander dari Cancer Research UK.

Dari hasil itu, peneliti berharap dapat memulai uji coba obat 'supramolekul' pada manusia pada beberapa tahun mendatang.

Untuk saat ini, perawatan berbasis sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker merupakan bidang penelitian yang berkembang di kalangan ilmuwan di seluruh dunia.(ryn)

Baca juga artikel menarik yang lainnya Dilarang Buka Email Di Luar Jam Kerja

#Kanker
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan