Miliarder Habiskan Hari-Harinya Memunguti Sampah Zhong Congrong (Foto: Sixth Tone)

SEORANG pengusaha sukses yang memiliki banyak uang tak melulu identik dengan kehidupan glamor yang begitu gemerlap. Seperti halnya seorang pengusaha sukses asal Tiongkok, Zhong Congrong, yang mendedikasikan hidupnya untuk menjadi pengumpul sampah meski dirinya merupakan seorang miliarder.

Zhong Congrong sendiri dikenal sebagai 'Miliarder pengumpul sampah'. Lantaran kebiasaan yang telah lama dilakukan, menjelajahi jalanan kota dengan cakar pemakan sampah.

Seperti dilansir Odditycentral, pengusaha berusia 52 tahun tersebut mulai membersihkan jalan-jalan Chingqiq pada tiga tahun lalu. Ketika itu ia bati usai jalan-jalan bersama keluarga ke provinsi Hainan, Tiongkok Selatan, untuk Tahun Baru China.

Di sana dia bertemu dengan seorang pensiunan profesor universitas yang telah mengambil sampah dari di salah satu pantai setempat setiap hari selama empat tahun terakhir.

Saat itu, dia begitu terkesan atas dedikasi dan komitmen profesor perempuan itu terhadap kebersihan. Akhirnya, ia memutuskan untuk meniru kebiasaan sehari-hari sang profesor di kota kelahirannya.

Pada awalnya, kebiasaannya itu dianggap negatif baik dari penduduk setempat ataupun media. Masyarakat tak mengerti mengapa seorang miliarder mau membungkuk untuk mengambil sampah dengan tangan.

Kendati aksi tersebut lebih dari aksi untuk menarik perhatian, Zhong Congrong tak membiarkan hal negatif mengalihkan perhatiannya. Karena aksinya itu, keluarganya bingung dengan perilakunya. Pada awalnya istri dan anak-anaknya malu oleh liputan negatif media soal kebiasaan nyentriknya. Bahkan keluarganya menolak untuk dilihat bersamanya di depan umum.

Seiring berjalannya waktu, sikap orang-orang berubah. Mereka melihat lingkungan mereka semakin bersih berkat upaya Zhong Congrong. Mereka pun mulai memuji serta mendukungnya. Bahkan istrinya sekarang melakukan kampanye antisampah sendiri dan memarahi semua orang yang dilihatnya membuang sampah sembarangan di jalan. Selain itu, Zhong pun sempat menegaskan bahwa mengambil sampah tak ada hubungannya dengan latar belakang seseorang.

"Kita membuang atau mengambil sampah tidak terkait dengan gelar akademik, latar belakang budaya, usia atau status sosial ekonomi kita," Ucap Zhong Congrong kepada Sixth Tone.

Miliarder pengumpul sampah itu telah melakukan yang terbaik untuk menginspirasi orang lain. Ia pun mengenakan baju oranye yang menarik perhatian dengan menampilkan slogan anti sembarangan membuat sampah.

Bahkan pekwrjanya dapat didenda 10 yuan jika kedapatan membuang sampah sembarangan di lingkungan kerja mereka. Namun, ia sepenuhnya sadar jika tindakan yang lebih luas begitu diperlukan untuk perubahan yang besar.

"Tiongkok membutuhkan regulasi yang lebih ketat untuk mencegah para pembuang sampah sembarangan. Mengandalkan disiplin diri tak akan cukup. Orang-orang Tionghoa takut 'kehilangan muka'. Mereka tak peduli tentang berapa banyak denda dan lebih banyak tentang rasa malu yang datang dengan itu," tambah Zhong.

Zhong Congrong bukanlah salah satunya miliarder yang mau mengumpulkan sampah di jalan. Ada juga seorang pengusaha kelahiran Korea yang tinggal di Bahrain sudah mengambil sampah setiap hari selama 11 tahun. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Tidur Siang Bisa Bikin Awet Muda?

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH