Teknologi

WOW! Robot Berteknologi Tinggi Ini Bisa Lindungi Tenaga Medis dari Virus Corona

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 27 April 2020
WOW! Robot Berteknologi Tinggi Ini Bisa Lindungi Tenaga Medis dari Virus Corona
Robot canggih pelindung para tenaga medis dari virus corona (Foto: mashable)

SEBUAH robot canggih berkaki empat dengan bentuk menyerupai anjing tenga heboh di dunia maya baru-baru ini. Karena robot bernama Spot ini bisa membantu dan juga melindungi para petugas kesehatan dari Virus COVID-19.

Robot tersebut dikembangkan oleh Boston Dynamics, sudah digunakan di Brigman dan Rumah Sakit Perempuan di Massachusetts, Amerika Serikat selama pandemi Corona berlangsung.

Baca Juga:

Robi 'Navicula' Ajak Masyarakat Cegah Penyebaran Virus Corona Lewat #20Detikcucicorona

Seperti yang dilansir dari laman Mashable, Boston Dynamics menjelaskan, dengan adanya robot Spot, tenaga medis dan pasien COVID-19 bisa tetap terhubung meski tak bertemu secara langsung.

Robot canggih ini sangat membantu para tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19 (Foto: boston dynamics)

Hal itu tentunya bisa mengurangi penularan virus COVID-19 baik dari pasien yang positif atau pasien yang berpotensi positif.

Sistem kerjanya, robot Spot akan diberikan iPad dan radio dua arah yang ada pada bagian kepalanya. Setelah itu robot tersebut akan berjalan untuk menemui pasien secara langsung lalu menjadi media komunikasi petugas kesehatan dan pasien, agar dapat saling tatap muka meski secara virtual.

Pihah rumah sakit sebelumnya sudah menghubungi Boston Dynamics, untuk menjadikan robot buatannya dapat membantu tenaga medis. Sejak itulah robot Spot di program ulang guna bisa membantu dalam penilaian pasien yang memiliki gejala awal Virus Corona.

Baca Juga:

Yuk Simak Program Belajar Lewat TV, Radio dan Online Saat #DiRumahAja

Biasanya, untuk memeriksa seorang pasien baru, dibutukan sekitar lima tenaga medis untuk menilai pasien tersebut.

Boston Dynamics tengah mengembangkan software dan hardware guna membantu lebih banyak tenaga medis (Foto: pixabay/mohamed_hassan)

Disamping itu, Boston Dynamics juga tengah mengembangkan software serta hardware untuk robot, guna membantu lebih banyak tenaga medis demi mencegah paparah langsung dengan cara telemedicine atau pemeriksaan jarak jauh.

Di mana pihak Boston Dynamics menginginkan tim robotika bisa mengembangkan cara-cara baru seperti halnya mengukur suhu tubuh, laju pernapasan, denyut nadi serta saturasi oksigen dari jarak jauh.

Sebelumnya, robot Spot bisa membantu para pekerja pabrik. Namun kini, Robot itu dirancang untuk membantu para tenaga medis dalam berinteraksi dengan para pasien atau orang yang berpotensi COVID-19. (Ryn)

Baca Juga:

Sekolah Diliburkan Karena Corona? Ini Deretan Situs Belajar Online yang Bisa Kamu Akses

#Virus Corona #Robot
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan