Wow! Pangeran Charles Puji Wali Kota Risma, Gara-garanya...

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 25 Juli 2017
Wow! Pangeran Charles Puji Wali Kota Risma, Gara-garanya...
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kedua kiri) meninjau proyek. (ek underpass itu baru dikerjakan awal 2017 dan diperkirakan akan selesai pada awal 2018. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

MerahPutih.com - Putra mahkota Inggris Pangeran Charles mengakui kehebatan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam mengelola sampah plastik yang disebutkannya bisa menjadi contoh dunia.

Kehadiran Risma di Kerajaan Inggris selain diundang Pangeran Charles juga untuk menghadiri acara Simposium Internasional ke-9 PPI-Dunia dan Indonesian Scholars International Convention (ISIC) Konvensi Internasional Sarjana Indonesia (ISIC-SI 2017) diadakan mahasiswa Indonesia.

Risma mengatakan, Pangeran Charles merasa kagum dengan apa yang dikerjakannya dalam mengelola sampah plastik dan memuji apa yang telah dia lakukan di Surabaya.

"Ini bisa jadi contoh dunia," kata Pangaren Charles kepada Risma yang diminta memnyajikan apa yang dilakukannya selama ini dalam mengelola sampah di London, Selasa (25/7).

Mengenai acara konferensi yang diadakan mahasiswa Indonesia dengan para wakil dari 50 negara di dunia itu, Risma sangat menghargai apa yang dilakukan oleh para mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di berbagai negara.

"Saya diundang oleh Pangeran Charles dan mempresentasikan, bagaimana Surabaya mengelola sampah plastik," kata Risma.

Surabaya di bawah kepemimpinannya berhasil menjadi Kota Terbaik Se-Asia Pasifik versi Citynet pada tahun 2012 dan meraih Penghargaan Kota Berkelanjutan ASEAN, Enviromentally Award 2012 serta Nominasi 10 wanita paling inspiratif 2013 versi Majalah Forbes pada tahun 2013.

Selain itu, Surabaya juga meraih dua kategori penghargaan tingkat Asia Pasifik dalam ajang FutureGov Award 2013, yakni data center melalui Data Center Pemerintah Kota Surabaya dan Data Inclusion melalui Broadband Learning Center (BLC). Menyingkirkan 800 kota di Asia-Pasifik.

Sementara Taman Bungkul mendapatkan penghargaan tahun 2013 The Asian Townscape Award dari PBB. Sedangkan Risma mendapatkan penghargaan Mayor of the Month sebagai wali kota terbaik pada Februari 2014.

Ia juga mendapatkan penghargaan Socrates Award kategori Future City dari European Business Assembly (EBA) pada April 2014. (*)

Sumber: ANTARA

#Tri Rismaharini #Pangeran Charles
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan