Hobi
4 Cara Anjing Tunjukkan Cintanya Kepadamu Pug. (Foto instagram/pugloulou)

WALAU tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata, anjing mampu mengekspresikan perasaan sukanya terhadap manusia dengan cara-cara unik yang mungkin tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Tanpa kamu sadari, mungkin selama ini anjing peliharaanmu telah menunjukkan kasih sayangnya yang tulus melalui berbagai cara dan memberikan dukungan kepadamu ketika sedang menghadapi masalah yang sulit.

Berbicara dengan segelintir dokter hewan, berikut merupakan kelima cara anjing menunjukkan cintanya kepadamu.

Baca juga:

Anjing Kesayanganku Jagoan Hidupku - MerahPutih

1. Mengenali namamu

Apakah anjingmu pernah merespon ketika mendengar namamu?  (Foto MP/Shenna)
Apakah anjingmu pernah merespon ketika mendengar namamu? (Foto MP/Shenna)

Anjing tidak hanya bisa mengenali nama mereka yang diberikan oleh pemiliknya, tetapi mereka juga bisa mengetahui nama dari pemiliknya.

Dilansir dari Insider, dokter hewan dan ketua staf medis di Small Door Veterinary mengatakan bahwa anjing seringkali terdengar senang ketika nama orang terfavorit mereka (pemilik) disebut.

"Seiring dengan perkembangan waktu, anjing belajar mengenali nama-nama manusia. Jika ia mendengar nama orang yang dicintai yang saat itu tidak hadir disitu, anjing akan merasa senang karena berpikir bahwa orang tersebut mungkin akan datang," ungkap Richardson.

2. Membawakan barang-barang yang sudah rusak

Anjing sering memberikan mainan rusak kepada orang yang dicintainya. (Foto Dog Boarding SYdney)
Anjing sering memberikan mainan rusak kepada orang yang dicintainya. (Foto Dog Boarding SYdney)

Anjingmu sering membawakan mainan yang rusak atau bahkan mayat hewan lain kepadamu? Jangan dimarahi, itu merupakan tanda sayang dan kepercayaan. Teknisi veteriner dan instruktur antrhozoology di Beacon College, Michelle L. Szydlowski mengatakan kepada Insider bahwa tindakan ini artinya anjing tersebut mempercayai pemiliknya dan berharap sang pemilik bisa memperbaiki objek tersebut.

"Beberapa anjing akan menunjukan kasih sayang dan kepercayaan atas kepintaranmu dengan memberikan barang-barang yang harus 'diperbaiki'", ungkapnya.

Baca juga:

4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memelihara Anjing

3. Kolokan dan manja

Anjing kolokan merupakan tanda ia sedang menandaimu sebagai miliknya. (Foto MP/Shenna)
Anjing kolokan merupakan tanda ia sedang menandaimu sebagai miliknya. (Foto MP/Shenna)

Jika anjingmu suka menggosokan wajahnya terhadapmu, itu merupakan tanda bahwa mereka menyukaimu. Dokter hewan dan konsultan veteriner untuk DogLab, Sara Ochoa mengatakan bahwa ini merupakan tanda umum bagi anjing untuk menandai dirimu sebagai miliknya. Aww!!

4. "Menjaga" kamu ketika kamu sedang makan

Ini merupakan tanda cintanya terhadapmu. (Foto Insider)
Ini merupakan tanda cintanya terhadapmu. (Foto Insider)

Pernah enggak sih anjing peliharaanmu seolah "memantatimu" ketika kamu sedang makan atau bersantai? Menurut Szydlowski, ini merupakan tanda bahwa anjing sedang berusaha melindungi dan memantau apa ada tanda bahaya yang hendak menghampiri orang-orang yang dicintainya ketika sedang bersantai atau sedang makan.

Anjing yang sedang terjaga ini biasanya akan duduk disamping meja makan menghadap arah yang berlawanan. Meski begitu, kebanyakan dokter hewan tidak mendukung perilaku guarding ini karena bisa membuat anjing menjadi terlalu teritorial dan menjadi agresif. (SHN)

Baca juga:

4 Jenis Anjing yang Cocok Dipelihara Di Dalam Ruangan ...

Kanal