Wow, Gitar Kurt Cobain Laku Terjual Rp 85 Miliar Gitar yang dipakai Kurt Cobain dalam acara MTV Unplugged laku terjual Rp 85 miliar (Foto DW)

GITAR legendaris Kurt Cobain dimainkan dalam acara MTV Unplugged 1993 memecahkan rekor sebagai gitar termahal di bursa lelang. Gitar Martin D-18E 1959 itu laku terjual $6 juta dollar atau kurang lebih setara dengan Rp 85 miliar.

Baca juga: Jamie Foxx Olahraga Mati-matian untuk Berperan Sebagai Mike Tyson

Awalnya instrumen itu diperkirakan hanya akan terjual seharga USD 1 hingga 2 juta dolar dalam acara pelelangan Music Icons digelar balai lelang ulien’s Auction.

Namun ternyata gitar tersebut malah laku dilelang seharga $6,010,000 dan memecahkan rekor sebagai gitar termahal. Sebelumnya, rekor ini dimiliki Stratocaster hitam milik David Gilmour dari Pink Floyd seharga $3,95 juta pada 2019.

Cobain
Gitar Kurt Cobain menjadi gitar temahal yang pernah terjual (Foto Julien's Auction)

Lelang gitar yang berlangsung pada tanggal 19 dan 20 Juni itu hanya ditawar sebanyak tujuh kali dan yang berhasil mendapatkannya Peter Freedman, pendiri Rode Microphones.

"Gitar penting ini telah mendapatkan tempat yang tepat dalam sejarah 'rock & roll' sebagai alat musik yang dimainkan oleh salah satu musisi dan ikon rock paling berpengaruh," kata Darren Julien, CEO Julien's Action.

Gitar ini terjual dengan harga mahal karena memiliki tempat spesial di hati penggemar Nirvana terutama mendiang Kurt Cobain. Apalagi keberadaan gitar tersebut jadi lebih berharga karena penampilan akustik di MTV Unplugged direkam pada November 1993, hanya berselang lima bulan sebelum Cobain menghembuskan napas terakhirnya.

Selain itu, melansir laman Julien's Auction, penampilan Nirvana di sana disebut-sebut sebagai salah satu album 'live' terhebat sepanjang masa. Bahkan MTV Unplugged di New York itu langsung menduduki peringkat satu dalam Billboard Charts Amerika dan selalu ada dalam 10 album 'live' terbaik sepanjang masa.

Gitar tersebut dijual bersama dengan sarungnya, ditempel dengan selebaran album Poison Idea 'Feel The Darkness' dari tahun 1990, senar gitar yang sudah dipakai setengahnya, pik gitar, serta tas kulit.

Baca juga: Sudah Lihat Koleksi Converse x Scooby Doo?

Selain gitar Martin D-18E 1959, ada pula beberapa benda bersejarah lain dari Nirvana dijual. Ada gitar Fender Stratocaster dipakai Cobain dalam tur Nirvana bertajuk 'In Utero' pada tahun 1994, kaos dikenakan vokalis Nirvana itu dalam video musik 'Heart-Shaped Box', dan 'setlist' dari penampilan band tersebut di acara MTV Unplugged. (Sam)

Baca juga: Perilisan Ghostbusters: Afterlife Diundur, Sutradaranya Sudah Mengerjakan Ghostbuster yang ke-4!


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH