WOW! Bisnis Kebab Asal Indonesia Ini Telah Ekspansi ke 9 Negara Kebab Turki Baba Rafi perluas pasar ke Negara India (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

SALAH satu bisnis kebab asal Indonesia yaitu Kebab Turki Baba Rafi, kembali melakukan ekspansi bisnisnya ke pasar internasional.

Hari ini tepatnya 7 Februari 2019, Kebab Turki Baba Rafi mengumumkan ekspansi terbarunya ke India.

1. Sebelumnya Kebab Turki Baba Rafi telah Ekspansi ke beberapa Negara

Sebelum India, Kebab Turki Baba Rafi telah ekspansi ke delapan negara (Foto: instagram@kebabbabarafi)

Berawal dari Hendy Setiono selaku CEO Kebab Turki Baba Rafi, mengawali bisnisnya dengan berjualan menggunakan gerobak di Surabaya pada tahun 2003. Kemudian ia mampu melakukan ekspansi ke 8 negara. Antara lain, Malaysia, Filipina, Bangladesh, Singapura, Srilanka, Brunei Darussalam, Tiongkok, hingga Belanda.

Kesuksesan tersebut tentu tak diraih dengan mudah. Begitu banyak lika-liku bisnis yang telah dilewati. Karena strategi pemasaran yang jitu, kini Kebab Turki Baba Rafi pun tumbuh berkembang dengan pesat.

"Selama lebih dari 15 tahun Baba Rafi beroperasi. Kami secara konsisten melakukan ekspansi bisnis yang selalu mengedepankan sistem yang menguntungkan (profitable), terjangkau (affordable) dan inovatif (innovation). Hal ini lah yang membawa kami tumbuh untuk memasuki pasar baru di negara lain," jelas Hendy Setiono, dalam konfrensi pers yang digelar di Jakarta, Kamis (7/2).

Kebab Turki Baba Rafi memiliki konsep bisnis waralaba sejak tahun 2005. Hingga memiliki hampir 1.300 outlet yang tersebar di 8 negara. Keputusan Hendy memilih konsep bisnis waralaba merupakan upayanya untuk mewujudkan visi Kebab Turki Baba Rafi. Yakni menjadi bisnis waralaba kebab yang bukan hanya terbesar di dunia, melainkan yang paling menguntungkan dan juga berpengaruh.

2. Alasan Memilih India

Ada beberapa faktor yang diperhitungkan hingga akhirnya Kebab Turki Baba Rafi memilih ekspansi ke India (Foto: pixabay/Hari_mangayil)

Salah satu alasan pemilihan India sebagai negara tujuan ekspansi, adalah kemiripan dengan Indonesia dalam cita rasa makanannya.

Selain itu, jumlah populasi warga negara di India dan pasarnya pun sangat besar. Tentunya memiliki potensi bagus untuk pengembangan bisnis.

Dalam ekspansi di setiap negara, Kebab Turki Baba Rafi memiliki formula yang berbeda. Hal itu dipaparkan oleh Syamsir, Franchise Development, Kebab Turki Baba Rafi

"Setiap ekspansi ke negara lain tentu kami punya formula tersendiri, kita akan menyesuaikan taste dengan negara tersebut," jelas Syamsir.

Syamsir pun menambahkan, selain rasa, ukuran dan paduan isi kebab pun harus disesuaikan. Seperti di negara Eropa, yang lebih cendrung menyukai banyak sayuran ketimbang daging. Lain halnya di Indonesia yang menyukai banyak daging dibanding sayuran.

Untuk saat ini sendiri, Kebab Turki Baba Rafi tengah menguatkan ekspansinya di Asia. Setelah dirasa cukup kuat barulah akan merambah lebih luas ke benua Eropa. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya WOW! Bisnis Popok Ayam yang Terbilang "Konyol" Bisa Hasilkan Ratusan Juta Rupiah

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH