Teknologi

Wow, Aplikasi Clubhouse Tembus 8 Juta Download dalam Waktu Singkat

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Minggu, 21 Februari 2021
Wow, Aplikasi Clubhouse Tembus 8 Juta Download dalam Waktu Singkat
Clubhouse tembus 8 juta download dalam waktu singkat (Foto: businesstoday)

APLIKASI yang tengah heboh beberapa hari terakhir ini yaitu Clubhouse, dikabarkan telah mencapai lebih dari 8 juta download atau unduhan di seluruh dunia, sejak diluncurkan.

Aplikasi media sosial dengan basis audio yang juga tengah viral di Indonesia tersebut, dikabarkan mengalami lonjakan pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir ini.

Baca Juga:

Pro Kontra Clubhouse di Kalangan Artis K-Pop

Menurut Firma analisis dan riset aplikasi mobile App Annie, mengatakan, pada 1 Februari 2021 Clubhouse mengumumkan sudah menembus angkat 3,5 juta unduhan secara global. Kemudian, di tanggal 16 Februari 2021, jumlah downloadnya melonjak tajam, hingga menembus angka 8,1 juta unduhan.

Clubhouse tembus 8 juta download dalam waktu singkat (foto: filmdaily)

Seperti yang dilansir dari laman Venture Beat, analis App Annie, Lexi Sydow menjelaskan, bahwa aplikasi tersebut dengan sangat cepat menarik perhatian di berbagai negara. Seperti Inggris, Jerman, Jepang, Brasil, Turki, dan beberapa negara lainnya.

Lonjakan tajam pengguna yang dialami oleh Clubhouse, disinyalir karena faktor pandemi COVID-19. Clubhouse dianggap mendapatkan keuntungan dari kebutuhan untuk menggantikan yang hilang akibat pandemi.

"Clubhouse menggantikan kekosongan saya dalam berjejaring setelah tidak ada lagi konferensi yang bisa saya hadiri secara langsung," tutur Oden Sharon, developer Game dari Israel.

Baca Juga:

Waspada Aplikasi Clubhouse Palsu untuk Android

Karena memiliki fitur berbeda dari media sosial lain, banyak orang penasaran dan mengunduh Clubhouse (foto: de24news)

Dengan memungkinkannya ratusan orang bergabung pada satu ruang obrolan, kemungkinkan besar selalu ada hali yang mediskusikan sebuah topik.

Kemudian, moderator bisa mempromosikan audiens tertentu untuk berganbung ke 'panggung utama', sementar itu anggota audiens lainnya bisa mengangkat tangan secara virtual untuk mengajukan pertanyaan.

Para pengguna aplikasi Clubhouse terdiri dari berbagai kalangan, dari mulai pengusahan celebriti hingga influencer. Salah satunya CEO Influential Ryan Detert. dia menyebutkan, aplikasi tersebut sangat bagus, karena berfungsi sebagai jejaring profesional, tapi dengan format diskusi panel.

Menurut Ryan, Clubhouse merupakan platform yang bagus untuk terhubung dengan pebisnis yang sepemikiran. Lalu, sifat platform yang singkat dan kemampuan nama-nama besar untuk ikut mengobrol, membuat Clubhouse menarik dan tida bisa diprediksi. (Ryn)

Baca Juga:

Facebook Membuat Aplikasi Audio Chat Mirip Clubhouse

#Teknologi #Clubhouse
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan