Teknologi

Wow, Ada Mesin Pembaca Pikiran Manusia!

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 03 April 2018
Wow, Ada Mesin Pembaca Pikiran Manusia!
Mesin tersebut akan menerjemahkan pikiran seseorang ke dalam sebuah teks (Foto: newatlas)

INGAT film 'Twilight'? Si ganteng Edward Cullen adalah vampir yang bisa membaca pikiran manusia. Apapun yang ada di benak seseoarng bisa ia jabarkan secara cuma-cuma. Kecuali sang kekasih, Bella Swan, Edward nyerah kalau disuruh membaca pikiran si cantik.

Nah, pasti Anda juga ingin seperti Edward deh. Bisa baca pikiran. Apalagi kalau lagi suka sama seseorang, jadinya Anda bisa langsung tahu hal favoritnya. Tapi sepertinya sangat tidak mungkin ya untuk membaca pikiran seseorang?

Ternyata hal itu bisa terjadi lo. Mengutip laman Daily Mail, para ilmuan ternyata telah mengembangkan mesin pembaca pikiran. Bahkan lebih kerennya lagi pikiran seseorang akan langsung diterjemahkan ke dalam sebuah teks dengan mesin tersebut.

Tapi niat para ilmuwan itu bukan untuk macam-macam kok. Alat tersebut nantinya diharapkan dapat digunakan bagi mereka yang bisu, atau tidak bisa berbicara sama sekali.

Mesin tersebut tengah dikembangkan di Universitas California. Mesin ini dijabarkan dalam jurnal berjudul 'Journal of Neural Engineering'.

Mesin ini menafsirkan konsonan dan vokal di dalam otak manusia (Foto: pixabay)

Pemimpin penelitian mesin pembaca pikiran itu, David Moses mengatakan kepada The Sun, bahwa ia yakin mesin tersebut dapat bekerja semaksimal mungkin. Fungsinya untuk menjabarkan pemikiran manusia secara menyeluruh.

"Mengingat kinerja yang ditunjukkan oleh mesin dalam pekerjaan ini dan kapasitasnya untuk ekspansi. Kami yakin dalam kemampuannya untuk melayani platform perangkat prostetik," katanya

Mesin itu mungkin saja memang tidak bisa bekerja secara 100 persen. Akan tetapi para ilmuwan mengklaim, tingkat keberhasilan dan keakuratan dari mesin tersebut hingga 90 persen.

Mesin ini belum memiliki batasan fungsi, sehingga bisa saja membuka rahasia seseorang (Foto: pixabay)

Mesin itu bekerja dengan menafsirkan konsonan dan vokal di dalam otak manusia. Kombinasi vokal dan konsonan digunakan saat menyusun kalimat di otak langsung tercatat oleh mesin tersebut.

Intinya mesin ini menafsirkan kalimat-kalimat berdasarkan sinyal saraf yang diterjemahkan langsung menjadi teks. Lebih hebatnya lagi mesin pembaca pikiran manusia itu nantinya bisa menggunakan kata-yang belum pernah terdengar sebelumnya.

Akan tetapi tetap saja setiap karya mungkin memiliki kekurangan. Pasalnya dikhawatirkan juga mesin tersebut bisa membuka rahasia seseorang yang selama ini terpendam. Artinya belum dapat dipastikan bagaimana batasan fungsi dari mesin tersebut. (ikh)

#Otak
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan