World View Tuntaskan Uji Terbang Komersial ke Luar Angkasa World View melakukan uji coba penerbangan komersial pertama ke lapisan terluar atmosfer bumi. (Foto: YouTube)

MerahPutih Teknologi - Telah lama perusahaan World View berencana menawarkan perjalanan komersial ke luar angkasa. Melancarkan misinya, World View dikabarkan baru saja tuntaskan uji terbang perjalanan pertama ke luar angkasa.

Rencana yang sudah ada sejak Juni lalu ini menawarkan penerbangan yang relatif murah. World View mengandalkan balon helium raksasa untuk menerbangkan penumpang ke lapisan terluar atmosfer Bumi.

Dalam uji coba itu World View mengandalkan balon helium berukuran stadion sepak bola yang membawa kapsul penerbangan replika.

Dalam pengujian itu, kapsul antariksa World View berhasil melayang hingga ketinggian 100.475 kaki, sesuai dengan target World View. Mereka berjanji untuk menerbangkan penumpang hingga keringgian 100.000 kaki (sekitar 20 mil).

Dengan kapsul World View itu, penumpang akan diajak untuk meilhat keindahan angkasa luar selama satu hingga dua jam.

Kapsul antariksa World View akan mampu membawa enam penumpang dan dua pilot World View. Pilot akan membantu mengarahkan kapsul dan mengatur tekanan pada balon. Pilot juga bertanggungjawab untuk menerbangkan dan mendaratkan kapsul.

World View akan menawarkan layanannya ini dengan tarif $75.000 (sekitar Rp1 miliar) dan diharapkan sudah akan beroperasi pada tahun 2017.

Namun sebelum melakukan penerbangan sungguhan, tentunya World View akan melakukan serangkaian uji coba lagi.

 

BACA JUGA:

  1. Selamat Hari Blogger Nasional
  2. Serangan Cyber di AS Meningkat
  3. Apple Digugat karena Boros Data Seluler
  4. Robot Eye Tracking Mampu Dikendalikan dengan Kedipan
  5. Langgar Paten, Apple Didenda $234 Juta


Fadhli