World's Most Wanted, Kisah Pelarian 5 Buronan Kelas Kakap Dunia Serial dokumenter berjudul World's Most Wanted rilis di Netflix pada 5 Agustus. (Youtube/Netflix)

NETFLIX terus menghadirkan serial dokumenter tentang kriminal belakangan ini. Pada 5 Agustus 2020, dokumenter baru yang tidak kalah menariknya juga telah dirilis. Para pencinta true crime wajib banget menonton docuseries berjudul World's Most Wanted.

Trailer yang telah dirilis sejak akhir Juli 2020 ini memberikan cuplikan tentang kisah pelarian buronan-buronan kelas kakap di beberapa negara. Serial ini akan menceritakan kelima buronan dan kisah pelarian mereka yang berhasil kabur dari penangkapan.

World's Most Wanted, Kisah Pelarian 5 Buronan Kelas Kakap di Dunia
Samantha Lewthwhite, buronan kasus terorisme pada 2005. (Youtube/Netflix)

Lima buronan tersebut adalah Samantha Lewthwaite, Matteo Messina Denaro, Félicien Kabuga, Ismael “El Mayo” Zambada, dan Semion Mogilevich.

Baca juga:

3 Film dengan Plot Twist Terbaik yang Bakal Rilis di 2020

Dilansir dari laman Radiotimes, kelima buronan ini memiliki dugaan kejahatan yang berbeda. Seperti Samantha Lewthwaite, ia terlibat dalam serangan teroris di Kenya.

Samantha atau dijuluki dengan 'White Widow' ini didduga memiliki hubungan dengan kelompok militan Islam di Somalia, Al-Shabaab.

World's Most Wanted, Kisah Pelarian 5 Buronan Kelas Kakap di Dunia
Fe?licien Kabuga, buronan tertua berumur 85 tahun. (Youtube/Netflix)

Selain itu, salah satu buronan tertua juga diceritakan dalam dokumenter ini. Ia adalah Félicien Kabuga dengan tuduhan partisipasinya di dalam genoside Rwanda. Pada tahun 2020, Kabuga berusia 85 tahun.

Selama 26 tahun ia berhasil kabur dari penangkapan para badan penegak hukum. Laman Cosmopolitan juga membeberkan setidaknya pria ini telah menggunakan 28 nama palsu. Keberhasilannya diduga karena hubungan dekatnya dengan pemerintahan Kenya.

Kasus dari para buronan ini berlangsung selam bertahun-tahun dan tidak ada lembaga penegak hukum yang bisa menangkap kelima buronan tersebut. Seperti FBI, CIA, MI5, dan lembaga-lembaga besar lainnya tidak bisa menangkap orang-orang yang paling dicari di dunia.

Baca juga:

John Wick 4 dan 5 akan Syuting Bersamaan

Serial dokumenter ini hadir dalam lima episode, setiap episodenya mengkisahkan kelima buronan tersebut. Dikutip dari laman Cosmopolitan.com, setiap episode yang berdurasi 50 menit ini akan menceritakan sejarah dan dugaan kejahatan setiap buronan.

Tidak hanya itu, film ini juga akan menceritakan wawancara dengan berbagai lembaga penegak hukum. Wawancara tersebut menjelaskan bagaimana upaya mereka untuk menangkap para buronan ini dan mengapa mereka bisa berhasil dalam pelariannya.

Kisah kelima buronan ini menjadi dokumenter yang sangat menarik untuk ditonton, apalagi kamu pecinta true crime. Penasaran bukan bagaimana para buronan ini berhasil kabur dari tangkapan agen-agen besar dunia? (ren)

Baca juga:

Immgration Nation, Dokumenter Kisah Pilu Para Imigran di Perbatasan AS



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH