Wisata Indonesia
Work from Toba, ini Destinasi yang Bisa Kamu Kunjungi Danau Toba punya bentang alam nan indah. (foto: Instagram @vritjzt)

DEMI membangkitkan gairah wisata di masa pandemi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melontarkan destinasi untuk bekerja. Setelah wacana work from Bali, Sandiaga melemparkan ide work from Toba. Ya, kawasan Danau Toba yang indah digadang-gadang ideal sebagai lokasi kerja.

"Toba bisa menjadi alternatif bagi kita untuk bisa #workfromdestination yaitu bekerja sambil menikmati suasana liburan di destinasi pariwisata tanpa mengurangi jatah cuti di kantor,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ketika berkunjung ke Danau Toba, dikutip dari Instagram resminya, Jumat (11/6).

Keindahan kawasan Danau Toba memang juara. Tujuh kabupaten di sekitar Danau Toba pun tak kalah indah. Setiap daerah menawarkan destinasi menarik nan indah. Saking cantiknya, beberapa destinasi di sekitar Danau Toba bisa amat melenakan. Berikut 5 destinasi wisata di sekitar Danau Toba yang bisa kamu tengok.

1. Hotel Inna Prapat

Replika kincir angin di Hotel Inna Prapat. (Foto: traveloka.com)

Prapat merupakan salah satu kawasan yang berada di tepi Danau Toba. Butuh waktu sekitar 4 jam dari Medan menuju ke Pematang Siantar, lalu ke Prapat. Kawasan itu menjadi salah satu pusat penginapan ataupun tempat makan di sekitar Danau Toba. Salah satunya Hotel Inna Parapat.

Hotel legendaris ini sudah berdiri sejak 1911, dibangun pada masa kolonial Belanda. Awalnya, hotel digunakan sebagai pusat penyebaran agama Kristen. Pada 11 Februari 1919, barulah berubah menjadi usaha hotel dengan nama Hotel Enhandel Maatschapij Toba. Ada lima kamar semipermanen dipegang penuh Belanda dengan kedudukan kantor direksi di Balige.

Hotel Inna Parapat yang terletak di Kota Parapat berbentuk seperti bungalow. Ada tiga restoran yang menyajikan masakan lokal dan internasional di hotel ini. Meski di hotel ini tidak terdapat fasilitas kolam renang, wisatawan dapat bersantai di tepi danau yang berpasir putih serta melakukan kegiatan lainnya termasuk berenang dan berlayar menuju Pulau Samosir.

Tersedia sebuah areal yang menyerupai suasana Belanda. Bahkan lengkap dengan kincir anginnya. Tidak mengherankan kalau wisatawan banyak yang sengaja datang ke sini hanya untuk berfoto-foto ria.

2. Puncak Sidiangkat

Sarang burung raksasa di Puncak Sidiangkat. (foto: Instagram @ceritamedancom)

Tempat yang satu ini terletak di Kabupaten Dairi, tepatnya di Jalan Subulussalam-Sidikalang, Sumatra Utara. Lokasinya berada di sekitar Danau Toba.

Salah satu daya tarik yang ditawarkan di tempat wisata Puncak Sidiangkat ialah beberapa spot foto unik yang tentunya sangat Instagramable.

Spot Instagramable tersebut berupa sarang burung raksasa yang berlatarkan lukisan alam yang hijau, asri, dan memesona. Hal itu tentunya merupakan kombinasi yang apik untuk kamu mengabadikan foto bersama orang-orang terkasih maupun foto sendiri.

Sarang burung di puncak ini berketinggian sekitar 5 meter dari permukaann. Untuk naik, pengunjung bisa menggunakan sebuah tangga bambu yang disediakan. Tenang, akan ada seorang pemandu yang mengawasi pengunjung hingga duduk sempurna di dalam sarang.

3. Bukit Holbung

Banyak spot Instagramable di Bukit Holbung. (foto: [email protected]_fathrechia)

Bukit ini kerap disebut-sebut sebagai salah satu bukit Teletubbies versi Sumatra Utara. Letaknya di di Desa Janji Marhatan, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara

Tak hanya menikmati panorama alam yang indah dan menyejukan, kamu bisa menyaksikan Gunung Pusuk Buhit yang megah berserta Danau Toba.

Para wisatawan yang mengunjungi Bukit Holbung rata-rata ingin menjajal trekking. Tak lama. Hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke puncak.

4. Sapo Juma

Sapo  Juma sedang populer dikalangan anak milenial (Instagram/arnellaputri)
Sapo Juma sedang populer di kalangan milllennials. (Instagram/angellimlowis)

Keindahan Danau Toba bisa dinikmati dengan berbagai sisi. Contohnya, spot foto cantik bernama Sapo Juma yang ada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, ini. Kamu bisa puas berfoto di sebuah taman bunga cantik, tak jauh dari Danau Toba.

Sapo Juma sebenarnya merupakan sebuah vila atau guest house. Namun, pihak pengelola memanfaatkan lahan di sekitarnya untuk membuat sebuah taman bunga. Tempat ini belum lama dibuka. Karena keindahannya, nama Sapo Juma pun jadi viral di kalangan pencinta traveling.

Kamu bisa bebas berkeliling di sana. Menikmati indahnya taman bunga yang menghadap Danau Toba. Disediakan pula jalan setapak yang ada di tengah hamparan bunga, sehingga kamu tak perlu merusak tanaman saat ingin berswafoto ria di dekat bunga mekar.

5. Air Terjun Sipiso-Piso

Kamu bisa berfoto di setiap momen indah di sana (Instagram/ike_maulida)
Abadikan setiap momen indah lewat media sosial. (Instagram/travel_headquarters)

Air terjun Sipiso-piso merupakan salah satu dari 6 air terjun tertinggi di Indonesia. Nama Sipiso-piso diambil dari kata piso yang artinya pisau. Air terjun ini berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Sekitar 15 menit atau 1 kilometer dari Taman Sapo Juma.

Kamu bisa menjangkau Air Terjun Sipiso-piso dengan menggunakan transportasi umum akau mobil pribadi.Sebelum menikmati keindahan air terjun dari bawah, mungkin kamu lebih dulu harus datang ke Gardu Padang. Lokasinya ada di di puncak bukit. Di sana kamu bisa melihat keindahan Tanah Karo, Pulau Samosir, dan Danau Toba.

Setelah dari sana, kamu dapat turun ke area bawah air terjun. Kamu hanya perlu menyusuri punggung bukit menggunakan anak tangga. Jangan lupa untuk mengabadikan lewat foto atau video setiap momen indah sepanjang perjalanan.(dwi)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
'Jurassic World Dominion', Babak Baru Setelah Kehancuran Isla Nublar
Fun
'Jurassic World Dominion', Babak Baru Setelah Kehancuran Isla Nublar

Hampir tiga dekade setelah serangan maut pada peristiwa Jurrassic Park.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Strattera
Fun
Mengenal Lebih Jauh Mengenai Strattera

Strattera memiliki manfaat penting untuk kamu.

Ducati Luncurkan Streetfighter V4 Lamborghini Edisi Terbatas
Hiburan & Gaya Hidup
Ducati Luncurkan Streetfighter V4 Lamborghini Edisi Terbatas

Terlihat berani, tanpa kompromi, dan sesuai dengan gayanya.

Merawat Electric Power Steering Mobil Agar Awet Enteng
Fun
Merawat Electric Power Steering Mobil Agar Awet Enteng

Kenali cara mudah merawat EPS Mobil.

Mengenang Kisah Hidup Tan Malaka Sang Pahlawan Nasional
Fun
Foxconn Masuk ke Dunia Otomotif
Fun
Foxconn Masuk ke Dunia Otomotif

Pemasok iPhone ini rupanya sudah mempersiapkan diri bermain di dunia otomotif.

Tiga Sepatu Air Jordan Retro Rilis Musim Gugur 2022
Fashion
Tiga Sepatu Air Jordan Retro Rilis Musim Gugur 2022

Akan dirilis pada pertengahan 2022.

Digelar Hybrid, Festival ‘Head in The Clouds’ Berlangsung Meriah
ShowBiz
Digelar Hybrid, Festival ‘Head in The Clouds’ Berlangsung Meriah

Festival Head in The Clouds sukses digelar, menampilkan sejumlah artis 88rising.

Penemuan Obat Baru untuk Mengobati Alzheimer
Fun
Penemuan Obat Baru untuk Mengobati Alzheimer

Peluang sembuh alzheimer lebih besar.

Baiknya Menyusui bagi Kesehatan Ibu
Hiburan & Gaya Hidup
Baiknya Menyusui bagi Kesehatan Ibu

Membantu memangkas berat badan.