'Work From Home' Semakin Efektif Menggunakan Platform HR WFH tetap produktif dengan adanya platform HR (Foto: Pexels/Ken Tomita)

WORK from Home (WFH) menjadi salah satu skema yang dianjurkan selama pandemi Corona. Tapi, untuk mengimplementasikan WFH dibutuhkan solusi teknologi yang dapat mendukung produktivitas karyawan selama berada di rumah.

Perusahaan penyedia solusi human resources (HR), DataOn memberikan lima tips bagaimana praktek WFH yang terbaik untuk diimplementasikan oleh perusahaan dan karyawan.

Baca juga:

Yuk Cari Uang Jajan Tambahan Sembari 'Work From Home'!

Hal pertama dan yang terpenting ialah konektivitas dan teknologi. Atasan dan karyawan yang bekerja dari rumah harus bekerjasama untuk memastikan karyawan yang WFH mendapatkan teknologi yang tepat, perangkat, bandwidth dan koneksi yang aman untuk menjalankan tugasnya secara efektif.

Alat komunikasi yang digunakan harus mumpuni (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

Kedua adalah Alat Komunikasi. Alat komunikasi yang digunakan harus mumpuni agar kinerja baik tetap terjaga. "Atasan harus menyediakan alat komunikasi yang baik seperti fitur chat, webcam, platform konferensi video dan lainnya agar karyawan tetap terhubung," Ujar Gordon Enns, Founder dan CEO Sunfish HR dan GreatDay HR dalam keterangan tertulisnya yang diterima merahputih.com.

Enns menambahkan, poin ketiga yang harus dilakukan ialah memiliki performa manajemen yang teratur. Kepala divisi harus menetapkan ekspektasi yang jelas pada jam kerja. "Begitu pula untuk penyampaian kerja, prioritas dan lainnya," tambahnya.

Untuk yang keempat, harus ada "ruang kerja" yang memadai selama bekerja di rumah. Artinya, setiap staff harus bisa terhubung dengan baik saat kapanpun. "Pastikan itu diatur dengan benar, terhubung dan nyaman," ujarnya.

Baca juga:

Keuntungan #DiRumahAja Sembari 'Work From Home'

Terakhir, pengelolaan gangguan selama WFH harus dapat diatasi. Jika tinggal bersama anggota keluarga atau teman serumah, karyawan harus mengenali kapan membutuhkan privasi untuk bekerja dan menghormatinya. Intinya, samakan WFH seperti bekerja layaknya di kantor. "Misalnya, jangan terlibat dalam aktivitas lain saat seharusnya bekerja," tukasnya.

Karyawan harus memiliki privasi selama bekerja di rumah (Foto: Pexels/Pixabay)

DataOn memiliki dua platform untuk memaksimalkan skema WFH, yaitu Sunfish HR dan GreatDay HR

Untuk mendukung praktek WFH, Sunfish HR dilengkapi berbagai fitur lengkap yang mendukung produktivitas seperti chat, timesheet activity, time & attendance report, dan company policy yang dapat diakses dengan mudah melalui sistem komputasi awan (Cloud).

Sementara GreatDay HR, dilengkapi fitur komunikasi chat internal, teknologi geo-tagging dan activity recording. Dengan fitur ini komunikasi antar karyawan tetap dapat dilakukan secara teratur, termasuk memantau aktivitas dan lokasi karyawan selama WFH secara real time. (ikh)

Baca juga:

Pesan Menyentuh dari Mereka yang Tak Bisa 'Work From Home'

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH