Work From Home Dicabut, ASN Pemkot Solo Masuk Kerja 2 Juni Wali Kota Solo, Jawa Tengah, FX Hadi Rudyatmo. (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah mengakhiri work from home (WFH) atau kerja di rumah bagi aparatur sipil negara ( ASN) sebagai upaya persiapan menuju new normal di tengah wabah COVID-19. ASN Solo mulai kembali bekerja di kantor dengan protokol kesehatan pada Selasa (2/6).

Kebijakan tersebut tertuang dalam surat edaran (SE) Nomor 061.1/978 tentang Perubahan Keempat atas Surat Edaran Sekrearis Daerah Kota Solo Nomor 061.1/930 tentang Perubahan Ketiga atas Surat Edaran Nomor 061.1/725 tentang Petunjuk Teknis Perpanjangan Pelaksanaan Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan Pemkot Solo.

Baca Juga:

Tahapan Pilwakot Solo Dimulai 15 Juni, Diawali Pelantikan 162 Anggota PPS

Kebijakan Pemkot Solo ini berbeda dengan Surat Edaran (SE) Nomor 57 Tahun 2020 yang diterbitkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Tjahjo Kumolo tanggal 28 Mei 2020. Dimana dalam SE Mendagri WFH ASN di perpanjang sampai tamggal 4 Juni.

ASN di Solo mulai masuk kantor tanggal 2 Juni
Wali Kota Solo, Jawa Tengah, FX Hadi Rudyatmo bersama ASN cuci tangan bersama sebelum masuk kerja.
(MP/Ismail)

"Sesuai SE yang telah dikeluarkan Sekda Solo WFH berakhir tanggal 1 Juni 2020. ASN kembali masuk kerja di kantor besok Selasa tanggal 2 Juni," ujar Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo di Solo, Minggu (31/5).

Menurutnya, semua ASN yang berjumlah ribuan orang masuk kantor wajib menerapkan protokol kesehatan penanganan COVID-19 dengan memakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun atau membawa hand sanitizer sendiri.

"Presensi kehadiran, kami lakukan presensi melalui finger print sesuai ketentuan yang berlaku. Dengan menyiapkan sarana cuci tangan atau hand sanitizer," kata Rudy.

Ia menegaskan pengaturan terkait pelaporan e-Kinerja dan pakaian dinas bagi ASN tetap dilaksanakan dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, dalam menjalankan tugas kedinasan berpedoman pada Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri Dalam.

Baca Juga:

Wali Kota Solo Minta Kemendikbud Mulai Tahun Ajaran 2020/2021 Pada Januari

"Kebijakan ini berlaku efektif tanggal 2 Juni dan akan kami rubah jika ada sesuatu yang mendesak," pungkas Rudy.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Purnomo Resmi Mundur Sebagai Bakal Cawali, Rudy: Suratnya Belum Saya Proses



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH