Film
Woody Allen Sebut Film Dokumenter HBO 'Allen v. Farrow' Sebagai Serangan Dylan Farrow, anak angkat Mia Farrow dan Woody Allen. Foto: usatoday.com

SUTRADARA Woody Allen dan istrinya Soon-Yi Previn telah mengeluarkan pernyataan kepada pers melalui juru bicara mereka, saudara perempuan Allen, produser Letty Aronson. Pernyataan tersebut berupa tanggapan atas film dokumenter HBO Allen v. Farrow tayang perdana Minggu (21/2).

Dokuseri tersebut menampilkan kasus pelecehan terhadap sang sutradara yang dilayangkan oleh putri angkatnya, Dylan Farrow. Film ini menampilkan cuplikan video masa kecil Dylan dan wawancara mendalam dengannya.

Baca juga:

Cameron Diaz Tidak Bisa Membayangkan Dirinya Main Film Lagi

Ditampilkan pula wawancara dengan mantan pasangan Allen, Mia Farrow. Lalu hadir juga orang-orang yang mengatakan bahwa mereka menyaksikan perilaku Woody yang memiliki kedekatan ganjil dengan Dylan.

Allen dan Previn mengklaim para pembuat film-Kirby Dick dan Amy Ziering-"tidak tertarik pada kebenaran" dan "diam-diam bekerja sama" dengan Farrow untuk melakukan "serangan yang penuh dengan kebohongan".

Dalam empat bagian dokuseri, yang berisi wawancara dengan Farrows serta teman dekat dan pakar keluarga, Dylan Farrow mengatakan "untuk waktu yang lama saya mencoba meluruskan ... Tidak peduli apa yang Anda pikirkan, yang Anda tahu itu hanya puncak gunung es".

Woody Allen dan istrinya Soon-Yi Previn. (internewscast.com)

Sementara juru bicara Allen dan Previn mengatakan pasangan itu hanya diberi waktu "beberapa hari untuk menanggapi". Produser dokuseri, Amy Herdy mengatakan kepada Variety bahwa dia mulai mencoba melakukan kontak dengan Allen beberapa tahun lalu.

Herdy mengatakan dia mulai menghubungi publicist Allen saat itu, Leslee Dart, pada Juni 2018 untuk mencoba mewawancarai dia untuk serial tersebut. "Saya menghubungi perwakilannya beberapa kali untuk mencoba dan mewawancarainya dan tidak mendapatkan tanggapan sama sekali," katanya.

Baca juga:

Disney Gandeng Via Vallen untuk OST 'Raya and the Last Dragon'

"Saya tahu mereka menerima permintaan saya, karena saya bisa mendengar asisten di telepon yang mengatakan, 'Kamu mendapatkan email saya, kan?' Dan dia berkata ya. Tapi mereka tidak pernah menanggapi," Herdy menjelaskan.

Berikut pernyataan lengkap Allen dan Previn:

"Para dokumenter ini tidak tertarik pada kebenaran. Sebaliknya, mereka menghabiskan bertahun-tahun diam-diam berkolaborasi dengan Farrows dan pendukung mereka untuk menyusun serangan yang penuh dengan kepalsuan. Woody dan Soon-Yi didekati kurang dari dua bulan lalu dan hanya diberi waktu beberapa hari untuk 'menanggapi'. Tentu saja, mereka menolak untuk melakukannya.

Seperti yang telah diketahui selama beberapa dekade, tuduhan ini jelas salah. Beberapa agensi menyelidiki mereka pada saat itu dan menemukan bahwa, apa pun yang diyakini Dylan Farrow, sama sekali tidak pernah terjadi pelecehan. Sayangnya, tidak mengherankan bahwa jaringan yang menyiarkan ini adalah HBO - yang memiliki kesepakatan produksi dan hubungan bisnis tetap dengan Ronan Farrow. Meskipun "lagu" hit yang jelek ini bisa mendapatkan perhatian, hal tersebut tidak akan mengubah fakta."

Pada Agustus 1992, Woody Allen dituduh oleh putri angkatnya Dylan Farrow, yang saat itu berusia tujuh tahun, melakukan pelecehan seksual terhadapnya di rumah ibu angkatnya, Mia Farrow. Rumah Farrow berada di Bridgewater, Connecticut. Allen berulang kali membantah tuduhan tersebut.

Woody Allen dan Mia Farrow bersama Dylan dan Ronan. (Foto: primetimer.com)

Ketika tuduhan itu dibuat, Allen dan Mia Farrow telah menjalin hubungan 12 tahun dan memiliki tiga anak bersama: dua anak adopsi, Dylan dan Moses, dan satu anak biologis, Satchel (sekarang dikenal sebagai Ronan Farrow).

Pelecehan seksual diduga terjadi delapan bulan setelah Farrow mengetahui bahwa Allen memiliki hubungan romantis dengan putri angkatnya yang lain, Soon-Yi Previn. Ia menikah dengan Allen pada 1997. Previn berusia 21 tahun ketika Farrow mengetahui tentang hubungan tersebut.

Allen menuduh bahwa hubungannya dengan Previn mendorong Farrow untuk mengarang tuduhan penganiayaan sebagai tindakan balas dendam. Pengacara Negara Bagian Connecticut menyelidiki tuduhan tersebut tetapi tidak mengajukan tuntutan.

Polisi Negara Bagian Connecticut merujuk Dylan ke Klinik Pelecehan Seksual Anak di Rumah Sakit Yale-New Haven. Rumah sakit tersebut menyimpulkan bahwa Allen tidak melakukan pelecehan seksual terhadap Dylan.

Menanggapi tuduhan tersebut, Allen menggugat Farrow untuk hak asuh tunggal atas Dylan, Satchel dan Moses. Dia kalah pada Juni 1993, meskipun hakim setuju bahwa tuduhan pelecehan seksual belum terbukti. (aru)

Baca juga:

‘The Falcon and the Winter Soldier’ Tayang 19 Maret di Disney Plus

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Drakor Ini Sukses Bikin Penonton Gregetan
ShowBiz
Drakor Ini Sukses Bikin Penonton Gregetan

Pertengahan tahun ini banyak drakor-drakor baru dan punya cerita menarik.

Pelajari Cara Merawat Kelinci Kesayanganmu
Fun
Pelajari Cara Merawat Kelinci Kesayanganmu

Sekilas, kelinci memiliki fisik yang hampir mirip dengan kucing, tetapi cara perawatan kucing dan kelinci tentunya jauh berbeda.

Ada Karakter Antagonis Lawas di ‘Ant-Man 3'?
Fun
Ada Karakter Antagonis Lawas di ‘Ant-Man 3'?

Ada lebih banyak hal di Quantum Realm daripada yang diketahui sebelumnya.

Dua Tanda Zodiak di Kalung Ulang Tahun Meghan Markle
ShowBiz
Dua Tanda Zodiak di Kalung Ulang Tahun Meghan Markle

Kalung yang dipakainya dengan cepat menarik perhatian.

Seniman Mural Gambar FX Rudy di Sepanjang Jalan Juanda
Fun
Seniman Mural Gambar FX Rudy di Sepanjang Jalan Juanda

sejumlah komunitas mural di Solo, Jawa Tengah menggambar sosok FX Rudy dengan berbagai atribut.

Bersiap untuk Ramadan, 6 Bahan ini Wajib Ada di Dapur
Kuliner
Bersiap untuk Ramadan, 6 Bahan ini Wajib Ada di Dapur

Kamu tak bisa selalu pergi ke pasar atau supermarket setiap hari.

Potret Percintaan Pemuda Negeri Aing dalam Film
Fun
Potret Percintaan Pemuda Negeri Aing dalam Film

Pemuda negeri aing memiliki kisah cinta masing-masing.

Prosesor Anyar dan Peningkatan Daya Baterai Jadi kekuatan OnePlus 10 Pro
Fun
Song Hye Kyo Main Drakor Garapan Penulis 'Descendants of the Sun'
Fun
Song Hye Kyo Main Drakor Garapan Penulis 'Descendants of the Sun'

Mereka dipertemukan kembali setelah lima tahun.

Kota Kelahiran Virgil Abloh Tetapkan 1 Desember Jadi 'Virgil Abloh Day'
ShowBiz
Kota Kelahiran Virgil Abloh Tetapkan 1 Desember Jadi 'Virgil Abloh Day'

Walikota Rockford, Tom McNamara mengumumkan hal tersebut lewat upacara khusus.