WN Afrika Selatan dan Portugal Jadi Korban Kebakaran Lapas Tangerang

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 08 September 2021
WN Afrika Selatan dan Portugal Jadi Korban Kebakaran Lapas Tangerang
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di Lapas Klas I Tangerang (Humas Kemenkumham)

MerahPutih.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyatakan tedapat dua Warga Negara Asing (WNA) yang menjadi korban dalam kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang.

Baca Juga:

Kemenkumham Pastikan Api yang Lahap Lapas Klas I Tangerang Sudah Padam

Yasonna menjelaskan, total korban meninggal akibat kebakaran di Lapas Klas 1 Tangerang ada 41 orang. Rinciannya, satu napi kasus teroris, satu napi kasus pembunuhan, dan sisanya napi kasus narkoba.

"Dua di antara korban meninggal merupakan warga negara asing dari Afrika Selatan dan Portugal," kata Yasonna dalam keterangan tertulis, Rabu (8/9).

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Foto: ANTARA

Yasonna turut menyampaikan duka cita terhadap para korban dan keluarga korban. Ia juga sudah memerintahkan jajaran Kemenkumham untuk secepatnya melakukan evaluasi dan memberikan penanganan terbaik guna memulihkan korban luka.

"Rasa duka mendalam saya sampaikan atas jatuhnya korban dalam kebakaran ini. Ini musibah yang memprihatinkan bagi kita semua," ucap dia.

Baca Juga:

Lapas Tangerang Kebakaran Bermula dari Blok C2, 41 Narapidana Meninggal Dunia

Yasonna menambahkan jajaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) telah bekerja sama dengan aparat kepolisian untuk menyelidiki penyebab kebakaran. Selain itu, kata Yasonna, pihaknya akan mendiskusikan formula strategi pencegahan agar musibah kebakaran di Lapas tidak terjadi lagi. (Pon)

#Kebakaran #Pemadam Kebakaran #Yasonna Laoly #Menteri Yasonna
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan