Wisma Atlet Jakabaring Disiapkan Tampung ODP COVID-19, 1 Kamar Bisa Tampung 4 Pasien

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 30 Maret 2020
Wisma Atlet Jakabaring Disiapkan Tampung ODP COVID-19, 1 Kamar Bisa Tampung 4 Pasien
Gubernur Sumsel Herman Deru. ANTARA/HO-Humas Pemprov Sumsel

Merahputih.com - Sekitar 900 ruangan disiapkan di wisma atlet Jakabaring Palembang Sumatera Selatan untuk menampung orang dalam pemantauan paparan COVID-19.

Bahkan kesiapan wisma atlet menjadi ODP Center telah dilakukan mapping sejak beberapa waktu lalu oleh Pemerintah Provinsi Sumsel.

Baca Juga

Kurang Tegasnya Pemerintah Tegakkan 'Social Distancing' Picu Penyebaran Corona

Dipilihnya wisma atlet sebagai pusat ODP karena kesiapan mulai dari infrastruktur, jarak tempuh, di mana dapat menampung sekitar 2.000 ODP dengan jumlah kamar ada sekitar 900.

"Satu kamar bervariasi, ada 3 sampai 4 kamar tidur, jadi tergantung dokter. Nantinya pasien yang mau ke sini silahkan dan akan disambut tim dokter, mereka di screening mulai dari riwayat perjalanan dan riwayat interaksinya. Nanti ketahuan juga dia menjadi ODP atau pasien dalam pengawasan (PDP)," ujar Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Minggu (29/3).

Herman Deru bersama wakilnya
Gubernur Sumsel Herman Deru (Foto: Ist)

Selain itu, sebagaimana dikutip Antara, kepastian dokter juga yang menentukan apakah pasien harus menjalani isolasi mandiri di rumah, ODP Center atau rumah sakit. Kalau dokter mendapati pasien ternyata PDP maka rumah sakit rujukan yang akan menampung.

Baca Juga

Presiden Jokowi Tinjau Wisma Atlet Kemayoran

"Walaupun pusat ODP mungkin bisa juga menjadi ruang rawat PDP dan itu memang butuh peralatan kesehatan seperti di RS. Yang jelas masyarakat sekitar tidak perlu khawatir karena itu hanya pusat ODP serta prosedurnya standar kesehatan," tambah dia. (*)

#Virus Corona #Pasien Corona #Penyakit Corona
Bagikan
Bagikan