Wiskul Ke Bogor Harus Mampir ke Lokasi Kuliner Legendaris Jl. Surya Kencana destinasi wiskul di Bogor. (Foto: instagram@bayutransspotterbogor)

BOGOR kaya akan kulinernya. Tak perlu kuatir kehabisan tempat makanan yang enak. Hanya satu syaratnya bersabar bila wiskul di Bogor. Arah Destinasi menyebutkan kawasan legendaris kuliner di Kota Bogor berada di Jl. Suryakencana. Tepatnya adalah sekitar Gang Aut.

Di tempat ini berbagai kuliner tergelar siap untuk dinikmati. Mulai dari laksa, soto hingga bakso. Kelezatannya tersohor tak sedikit mobil mewah terparkir di kawasan ini yang membawa penumpangnya menikmati sajian kulinernya. Laman Arah Destinasi mengumpulkan sajian kuliner wajib yang ada di kawasan ini


1. Bakso Bening Kikil, merasakan kenyal kikil yang nikmat

kikil
Bakso bening kikil. (Foto: instagram@debbysetiawaty)


Bukan kios permanen hanya gerobak bakso dengan banyak kursi plastik di sekitarnya. Yang menikmati bakso bening ini dari berbagai kalangan. Meski hanya gerobak kecil, pembelinya luar biasa. Apalagi saat jam makan siang dan menjelang sore, sangat ramai. Yang makan di tempat dan dibungkus dibawa pulang sama banyaknya. Potongan kikil bening dipadukan dengan kuah kaldu sangat pas dengan suasana Bogor yang sejuk. Bakso bening kikil buka dari pukul 11.00 dan biasanya sore sudah habis.


2. Combro gurih nyamikan yang mengenyangkan

combro
Combro enak di Gang Aut. (Foto: instagram@dhe_1301)


Tempatnya tidak jauh dari Bakso kikil, dijajakan menggunakan gerobak pula. Penganan dari parutan singkong yang diisi oncom berbumbu pedas memang beda rasanya. Tak heran penjualnya dikerubutin pembeli. Gerobak combro buka dari pukul 11.00 sampai sore sebelum maghrib.

3. Guan Tjo, kuliner legendaris di Bogor

guan tjo
Nasi goreng petai di Guan Tjo. (Foto: instagram@leonardi_kurniawan)


Guan Tjo saat ini dipegang oleg generasi kedua. Menu yang paling menjadi juara disini adalah nasi goreng petai. Di samping ada menu lainnya seperti es mangga dan es pala khas Kota Bogor. Jangan lupa rekomendasi menu lainnya yakni sate sapi dan bubur kacang hijaunya. Resto kecil ini baru buka pukul 15.00 sampai larut malam.


4. Laksa Mang Wahyu mewarisi resep turun-temurun

laksa
Laksa enak di Gang Aut. (Foto: instagram@rohma.wati.92754)


Laksa memang jadi buruan bila main ke Bogor. Laksa Bogor sangat khas, terdiri dari potongan ketupat ditambah bihun, taoge, dan potongan oncom, tahu, dan telur. Kemudian disiram kuah kental kuning yang harum dan penuh rempah yang juga sudah dicampur dengan parutan kelapa. Laksa Gang Aut Mang Wahyu sudah diturunkan dari tiga generasi sebelumnya. Kalau mau makan laksa ini harus datang setelah jam 07.00 dan jangan lebih dari pukul 15.00.

5. Soto kuning Pak Salam, pembeli rela antri sampai satu jam

soto kuning
Antrian pembeli soto kuning. (Foto: instagram@ayahradithrakha)


Istimewa adalah kata yang tepat menggambarkan soto kuning Pak Salam. Lokasinya mudah ditemukan, dekat dengan Bank Mandiri. Kalau mau mencicipi soto ini, baru buka pukul tiga sore dan sudah tutup pukul tujuh malam. Jadi tak mengherankan banyak orang yang rela mendapatkan soto Pak Salam walaupun harus menunggu sampai satu jam. Soto Pak Salam berkuah kuning dengan pilihan sesuai selera, daging atau jeroan sapi.

6. Cungkring sarapan ala Bogor

cungkring
Bahan-bahan cungkring. (Foto: instagram@fsaputra12)


Menu sarapan khas Bogor ini terdiri dari potongan lontong dan pilihan isian kikil, kulit, sampai urat sapi. Kemudian diberi siraman bumbu kacang dan bumbu kuning. Banyak juga yang memberi tambahan potongan gorengan. Kalau kamu beruntung melintas di Jl. Suryakencana sekitaran Gang Aut, banyak pedagang cungkring yang melintas.

7. Asinan Jagung Bakar Pak Sabur bertahan hingga generasi kedua

asinan
Asinan jagung bakar Pak Sabur yang melegenda. (Foto: instagram@sarapansiangmalam)

Pedagang kuliner di kawasan ini memang sudah ada sejak jaman dahulu. Seperti generasi kedua penjual asinan jagung bakar yang sudah ada sejak tahun 1968. Asinan jagung bakar Pak Sabur memang terkenal. Bahannya terdiri dari potongan timun dan sisiran jagung yang disiram kuah asinan berwarna oranye. Rasanya segar segar. Asinan jagung bakar Pak Sabur buka mulai pukul 10.00 hingga 17.00. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH