Wisatawan Diimbau Waspadai Ombak Ganas di Pantai Selatan

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 29 Desember 2017
Wisatawan Diimbau Waspadai Ombak Ganas di Pantai Selatan
Ilustrasi Pantai Selatan. (MP//Fredy Wansyah)

MerahPutih.com - Satuan Polisi Air dan Udara (Polairud) Polres Garut, menyampaikan kondisi ombak laut menjelang pergantian tahun di objek wisata Pantai Selatan cukup besar dan berbahaya bagi wisatawan untuk berenang di pantai tersebut.

"Gelombang 3 meter, angin kencang lagi musim barat," kata Kepala Satpolairud Polres Garut AKP Tri Andri seperti yang dikutip dari Antara di Garut, Jumat (29/12).

Ia menuturkan, ombak besar di sepanjang pantai selatan Kabupaten Garut seringkali terjadi secara tiba-tiba yang dapat membahayakan wisatawan saat berada di sekitar pantai.

Jajarannya, kata dia, berulang kali memberikan peringatan dan imbauan kepada masyarakat, terutama wisatawan agar menjaga keselamatan saat beraktivitas di pantai.

"Satpolair Res Garut terus mengimbau kepada wisatawan untuk jaga keselamatan dan tidak berenang di laut, berikut juga kepada nelayan untuk tidak memaksakan ke laut," katanya.

Selain imbauan, kata Tri, jajarannya memasang rambu-rambu bahaya dan rawan terjadi kecelakaan laut di setiap titik pantai, mulai dari perbatasan pantai di Kabupaten Tasikmalaya hingga Cianjur.

"Dalam rangka antisipasi kecelakaan laut telah memasang rambu laut, spanduk, dan imbauan kepada wisatawan dan nelayan," katanya.

Menurut dia, kecelakaan laut seringkali terjadi karena wisatawan maupun masyarakat setempat tidak mematuhi peraturan dan rambu-rambu bahaya di sepanjang pantai.

Selain itu, lanjut dia, ketidaktahuan pengunjung objek wisata pantai tentang ancaman bahaya saat berada di kawasan Pantai Selatan Garut.

"Biasanya laka laut, khususnya wisatawan dikarenakan tidak mengindahkan rambu-rambu bahaya, serta ketidaktahuan wisatawan tentang karakter laut, serta cuaca baik itu perubahan gelombang, angin dan gempa," katanya. (*)

#Musim Liburan #Pantai Selatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan