Wisatawan Bule Favoritkan Tanjung Puting Untuk Orangutan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 13 Desember 2016
Wisatawan Bule Favoritkan Tanjung Puting Untuk Orangutan
Orangutan sedang santai. (Foto : pixabay.com/@stefanie/CC0/free_image)

Casey Hynes seorang wartawan yang juga contributor untuk majalah Forbes Asia, dalam situs planetware.com mengatakan bahwa Indonesia memberikan pengalaman berpetualangan yang luar biasa bagi siapa saja.

Dari eksplorasi candi kuno, hiking di gunung yang aktif hingga menyelam di perairan yang belum pernah di singgahi oleh siapa pun.   

Apa pun yang dipilih, mulai dari kunjungan ke desa pedalaman di Tana Toraja, wisata Bali yang membahagiakan atau langsung berhadapan dengan Anak Krakatau yang aktif, menjadi pengalaman yang pasti penuh dengan kekaguman dan apresiasi untuk sebuah negara yang kaya akan sejarah dan keindahan alam seperti Indonesia.

Tapi bule cantik asal Iowa itu mencatat, perjalanan ke Indonesia tidak akan lengkap tanpa menyaksikan orangutan. Taman Nasional Tanjung Putting di Kalimantan yang merupakan rumah terbesar untuk populasi orangutan di dunia,  merupakan lokasi terbaik untuk melihat satwa yang dilindungi itu.

Meskipun orangutan masih hidup di alam liar, beberapa tempat perlindungan justru menyelamatkan dan melindungi orangutan di tengah pengembangan lahan yang merusak habitat alami mereka.

Di Taman Nasional Tanjung Putting juga ditemukan jenis primate lainnya, burung-burung serta satwa reptil.

Jika tidak sempat ke Kalimantan, wisatawan disarankan berkunjung ke Pusat Orangutan Bahorok di Bukit Lawang, sebuah desa wisata dengan koleksi orangutan liar di hutan Sumatra. (dsyamil)

BACA JUGA

  1. Orangutan Kehujanan Jadi Pemenang Kontes Foto National Geographic
  2. Proses Pengembalian Orangutan Selundupan dari Thailand
  3. Pelepasliaran Orangutan di Kalimantan Tengah
#Taman Nasional Tanjung Puting #Orangutan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan