Wisatawan Berburu Oleh-oleh Batik Khas Cirebon Pasar batik Trusmi di Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon jadi destinasi kunjungan wisatawan, Selasa (26/12). (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Pergi berlibur rasanya tak lengkap jika tidak berbelanja oleh-oleh. Jika Anda liburan ke kota Cirebon, Jawa Barat, di kota Udang ini terdapat batik khas yang bisa dijadikan buah tangan.

Salah satu sentra batik di Cirebon yang sering diserbu wisatawan adalah batik Trusmi di Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon.

Pada musim liburan kali ini pengunjung pasar batik Trusmi melonjak hingga 50 persen dibandingkan hari libur biasa.

Menurut Kepala Pasar Batik Trusmi, Joni Priyatna, Pasar Batik Trusmi selama libur panjang Natal ramai dikunjungi oleh wisatawan dari luar kota Cirebon, seperti dari Bogor, Bandung, Jakarta, Karawang serta kota-kota lainnya.

"Pedagang Pasar Batik Trusmi banyak diuntungkan dengan datangnya pengunjung-pengunjung dari berbagai daerah luar Cirebon seperti Bogor, Bandung, Jakarta, Karawang dan kota lainnya," kata Joni di Cirebon, Selasa (26/12).

Menurut Joni, wisatawan dari luar Cirebon biasanya datang ke Pasar Batik Trusmi selain berbelanja batik juga ingin mencicipi kuliner khas Cirebon serta berbelanja oleh-oleh yang dijual di pasar tersebut.

"Karena perjalanan jauh mereka mau makan dan beli oleh-oleh seperti batik dan oleh-oleh khas Cirebon," kata Joni.

Menurutnya, tersedianya tempat kuliner di Pasar Batik Trusmi ini menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung.

Tidak hanya itu saja, Kedatangan para pengunjung juga mendongkrak popularitas bagi pasar batik Trusmi tersendiri, seperti pengunjung yang mengambil foto dan membagikan kepada teman-temannya hingga akhirnya Pasar Batik Trusmi menjadi terekspose dan dikenal luas. (*)

Berita ini merupakan hasil liputan Mauritz, kontributor Merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Baca berita menarik lainnya tentang Cirebon dan Mauritz di: Wali Kota Cirebon Apresiasi Kesiapan Polri Jaga Malam Natal dan Tahun Baru



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH