Wisata Unik, Api Abadi Mrapen dan Batu Bobot yang Bisa Mengabulkan Permintaan

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Jumat, 03 Maret 2017
Wisata Unik, Api Abadi Mrapen dan Batu Bobot yang Bisa Mengabulkan Permintaan
Api Abadi Mrapen, di Grobogan, Jawa Tengah. (FOTO Dok. Wikipedia)

Selain memiliki alam wisata yang unik dan fenomenal "Bledug Kuwu", Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, juga masih memilki destinasi wisata lain yang tidak kalah uniknya, yaitu Api Abadi Mrapen.

Kawasan wisata unik ini terletak di Jalan Raya Purwodadi-Semarang, tepatnya di Desa Menggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, atau sekitar 26 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Grobogan, Purwodadi.

Sesuai dengan namanya, Api Abadi Mrapen merupakan fenomena geologi keluarnya gas alam dari dalam tanah yang tersulut api, sehingga menciptakan api yang tidak pernah padam walaupun turun hujan sekalipun. Titik api abadi di Mrapen ini memiliki diameter sekitar 1,5 meter.

Batu Bobot di kawasan wisata Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. ((FOTO Dok. grobogan.go.id)

Selain digunakan sebagai upacara obor pada hari raya Waisak, api abadi dari Mrapen juga banyak digunakan untuk acara pembukaan olahraga, dari SEA Games di Palembang sampai Asian Beach Games di China sampai Oman.

Sejak tahun 1981, tepatnya pada acara Pekan Olahraga Nasional (PON) X, obor sebagai simbol untuk mengobarkan semangat prestasi itu pun, sumber api yang digunakan diambil dari api abadi di Mrapen.

Keunikan lain di kawasan wisata Api Abadi Mrapen adalah Batu Bobot. Konon, pengunjung yang bisa mengangkat batu tersebut sambil duduk, permintaan, keinginan, atau cita-citanya bisa terkabulkan.

Batu bobot ini terdapat di tak jaug dari kolam yang airnya mendidih secara alami. Air dari kolam tempat batu bobot ini juga dipercaya bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit.

#Api Abadi Mrapen #Wisata Grobogan #Asean Games
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan