Wisata Situ Ciburuy Diharapkan Bisa Selesai Direvitalisasi dengan Dana PEN

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 17 September 2021
Wisata Situ Ciburuy Diharapkan Bisa Selesai Direvitalisasi dengan Dana PEN
Revitalisasi Situ Ciburuy. (Foto: MP/Humas DPRD Jawa Barat)

MerahPutih.com - Situ Ciburuy dikenal dalam lagu pop Sunda berjudul "Bubuy Bulan" yang dinyanyikan Nining Meida. Danau ini bisa dibilang ikon wisata alam di Jawa Barat, khususnya Kabupaten Bandung Barat.

Saat ini, Situ Ciburuy sedang direvitalisasi agar semakin meningkatkan daya tariknya sebagai destinasi wisata andalan. Revitalisasi Situ Ciburuy telah masuk tahap dua yang diharapkan selesai dalam waktu 200 hari dengan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Prasetyawati mengatakan bahwa sesungguhnya proyek revitalisasi Situ Ciburuy tahap dua ini terjadi keterlambatan sekitar 2 bulan akibat proses pelelangan.

Baca Juga:

Pertumbuhan Ekonomi Melorot, Dana PEN Harus Dioptimalkan

"Adanya keterlambatan ini disebabkan oleh proses pelelangan yang cukup lama," ucapnya usai mengunjungi Situ Ciburuy, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (17/9).

Pras menyebut bahwa proyek revitalisasi Situ Ciburuy ini sudah berjalan sekitar 10 hingga 15 persen dengan sisa waktu 105 hari. Pembangunannya meliputi pembenahan lahan dan pembangunan restoran.

Pimpinan dan anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat mengunjungi Situ Ciburuy. (Foto: MP/Humas DPRD Jawa Barat)
Pimpinan dan anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat mengunjungi Situ Ciburuy. (Foto: MP/Humas DPRD Jawa Barat)

"Dengan sisa 105 hari dan model yang akan dibangunnya sepertinya tidak akan ada masalah, karena itu pembangunannya vertikal tidak horizontal, jadi hanya membenahi lahan dan membangun restoran-restoran tipikal," ucap Prasetyawati.

Baca Juga:

Per Mei 2021, Bank DKI Salurkan Dana PEN Rp 3,36 Triliun

Hal serupa dikatakan Sekretaris Komisi IV Buky Wibawa bahwa dengan revitalisasi tahap dua ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Kami mengharapkan dengan selesainya revitalisasi Situ Ciburuy ini dapat meningkatkan daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara dan dapat meningkatkan perekonomian di wilayah tersebut," tutupnya. (Iman Ha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Saung Angklung Udjo dan Tempat Wisata Lainnya di Kota Bandung Boleh Beroperasi

#Situ Ciburuy #Wisata Bandung
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan