Wisata Sejarah Otomotif lewat Film Dokumenter Honda 1962

Andrew FrancoisAndrew Francois - Jumat, 01 Desember 2023
Wisata Sejarah Otomotif lewat Film Dokumenter Honda 1962
Honda pernah ciptakan film dokumenter tahun 1962. (Foto: YouTube/Honda)

SELALU menarik melihat pembuatan suatu produk yang sering kali tak terlihat dan terjadi di belakang tembok pabrik yang sangat tertutup. Namun, melalui sebuah film dokumenter Honda buatan 1962, kita bisa melihat lebih dekat pabrik Honda pada tahun itu.

Pada 1962, Honda memiliki inisiatif yang unik untuk membuat film dokumenter menarik (dengan menggunakan stok film yang sebenarnya). Film yang membawa penonton ke dalam beberapa pabrik pembuatan sepeda motor mereka.

Saat itu, perusahaan ini mengelola beberapa pabrik untuk memproduksi model seperti Cub 50, Benly, Dream 250, dan lainnya. Meski narasinya menggunakan bahasa Jepang, kamu dapat dengan mudah mengaktifkan teks dan memilih terjemahan dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya saat menonton.

Baca juga:

Serial Dokumenter 'Beckham' Tayang di Netflix

Melihat lawasnya proses perakitan sepeda motor Honda tahun 1962. (Foto: YouTube/Honda)

Terjemahannya dihasilkan secara otomatis oleh YouTube sehingga tidak akan sempurna, tetapi setidaknya bisa memberikan gambaran umum. Film ini merupakan semacam mesin waktu yang memukau, menampilkan pembuatan dan perakitan sepeda motor di pabrik, serta kehidupan sehari-hari di lingkungan Honda.

Ada momen kunjungan visual ke awal Honda Mobilityland, termasuk kilasan tentang awal kemunculan Honda Monkey yang menjadi wahana di taman hiburan. Kita juga dapat melihat Soichiro Honda yang masih muda bersama dengan rekan-rekan insinyur dan pekerja, beristirahat di ruang makan siang di tengah kesibukan.

Film ini memberikan wawasan tentang pengujian sepeda motor, mulai dari karyawan yang menggunakan sepeda motor untuk kegiatan rekreasi seperti berburu dan memancing hingga uji coba mesin baru di fasilitas motorcross dan pendakian bukit di halaman Honda.

Baca juga:

#DiRumahAja, Streaming Film Dokumenter Mobil Terbaik

Terdapat adegan pengujian dyno tahun 1960-an dan uji aerodinamika yang menarik untuk disimak. Pengeditan dan kreativitas yang ditunjukkan sangat fantastis dan sesuai dengan waktu pembuatannya.

Musiknya cukup bagus, efek suaranya menyenangkan, bahkan terkadang mengintegrasikan suara mesin pabrik untuk menambah narasi. Kesimpulannya, film setengah jam ini benar-benar menarik disaksikan untuk melihat sepotong sejarah otomotif di pabrik Honda tahun 1962. (waf)

Baca juga:

Dokumenter Formula 1 'Drive to Survive' Season 4 Telah Rilis di Netflix

#Sejarah #Honda #Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan