Wisata Lombok Barat, Dulu Terpuruk Kini Bangkit Pantai Senggigi (Instagram/ekakobar)

BELUM lama ini bencana gempa menimpa Lombok. Melalui video amatir di media sosial tampak kepanikan yang begitu luar biasa pada masyarakat Lombok termasuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satu wilayah yang terdampak gempa adalah Lombok Barat. Kepada Merahputih.com, H. Fauzan Khalid, Bupati Lombok Barat mengatakan ada 4 kecamatan di Lombok Barat yang paling terdampak.

"Termasuk sengigi yang berbatasan langsung dengan Lombok Utara," katanya usai konferensi pers Mandiri Senggigi Sunset Jazz 2018 di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (27/11).

1. Sempat mengalami keterpurukan

Salah satu bantuan untuk Lombok pasca gempa (Humas: INTI)
Salah satu bantuan untuk Lombok pasca gempa (Instagram/darmaarroyal)

Gempa yang terjadi di pulau lombok ternyata menimbulkan dampak signifikan bagi sektor wisata di Lombok Barat. Fauzan Khalid mengatakan selama satu bulan pasca gempa tingkat kunjungan wisatawan ke Lombok Barat adalah nol persen.

"Lombok itu salah satu tujuan wisata favorit. Beberapa bulan lalu Lombok ditimpa musibah gempa. pasca sebulan masih nol tingkat kunjungan wisatawan," ujar Fauzan.

2. Berangsur membaik

Gili Nanggu (Instagram/lou_.is_.here)
Gili Nanggu (Instagram/lou_.is_.here)

Beruntung keterpurukan yang dialami Lombok Barat tak berlangsung lama. Setelah sebulan berlalu kondisi Lombok Barat berangsur-angsur membaik. Hal yang sama juga berdampak pada jumlah wisatawan.

"Tapi alhamdulillah sekarang (jumlah wisatawan) sudah menyentuh angka 40 (persen). Ini juga akibat dari berbagai macam event yang kita laksanakan. Kemudian akan diakhiri dengan Senggigi Sunset Jazz ini. Mudah-mudahan nanti Desember, Januari, Feruari kunjungan wsatawan kembali normal," lanjutnya.

3. Masyarakat Lombok punya mental kuat

Pantai Senggigi (Instagram/kkyraz_86)
Pantai Senggigi (Instagram/kkyraz_86)

Cepat membaiknya kondisi Lombok Barat juga dipengaruhi oleh mental warga di Sana. Menurut Fauzan memiliki mental kuat. "Masyarakat Lombok itu kuat, Insya Allah tidak down. Kita terpuruk satu bulan lah, kalau sekarang sudah relatif seperti biasa, sudah bangkit," tutur Fauzan.

Di akhir tahun ini Lombok Barat berencana mengadakan agenda cukup besar untuk menarik wisatawan. Acara tersebut adalah Mandiri Senggigi Sunset Jazz 2018 yang rencananya berlangsung pada Minggu (9/12) sore.

Nantinya kegiatan yang sudah berlangsung selama tiga tahun berturut-turut itu akan menghadirkan musisi dan penyanyi papan atas Indonesia seperti Vina Panduwinata, Indra Lesmana, RAN, Andien, Eva Celia hingga Pusakata.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH