Wisata Lereng Merapi Paling Diminati Para Wisatawan Selama Lebaran Pemandangan di Lereng Gunung Merapi. (Foto: MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Keindahan Gunung Merapi masih menjadi magnet utama wisatawan berkunjung ke Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyajarta. Destinasi wisata di lereng Gunung Merapi mendapat kunjungan wisatawan terbanyak selama pekan libur Lebaran.

Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mencatat ada 481.959 wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sleman selama masa liburan Lebaran 2019.

"Wisatawan paling banyak datang ke destinasi wisata di kawasan lereng Merapi," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman,Sudarningsih melalui keterangan pers di Yogyakarta, Rabu (12/6).

Gunung Merapi dilihat dari kawasan Kaliurang
Pemandangan Gunung Merapi dari Kawasan Kaliurang (MP/Teresa Ika)

Ada puluhan lokasi wisata alam maupun buatan dikawasan Lereng Merapi. Di dalam kawasan ini pengunjung bisa menikmati keindahan alam seperti air terjun Tlogo Putri, wisata lava tour bekas letusan Merapi, dan wisata ke gua Jepang. Adapula wisata budaya dan buatan seperti museum Ulen Sentalu dan the world lost castel.

Tercatat dari tanggal 1 hingga 9 Juni 2019 ada 103.797 kunjungan ke lokasi wisata di kawasan Lereng Merapi tersebut.

"Kali Adem dan Wisata Kaliurang yang paling banyak dikunjungi turis," kata dia.

Tebing Breksi menyusul diposisi kedua sebagai lokasi wisata alam terfavorit. Ada 55.351 kunjungan ke tebing Breksi saat pekan Lebaran.

Jeep Tour di Lereng Gunung Merapi

Jip wisata "Volcano Tour Merapi" di lereng Gunung Merapi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Antranews)

Wisata rekreasi buatan turut diminati para pelancong. Destinasi wisata yang penuh pengunjung seperti Sindu Kusuma Edupark, Jogja Bay Waterpark, Taman Pelangi dan Jogja Exotarium.

"Ada 78.431 kunjungan ke wahana rekreasi keluarga buatan selama pekan liburan kemarin," katanya.

BACA JUGA: Jokowi Ungkap Rahasia Kompaknya Koalisi Indonesia Hebat

Meski Masih Buron, KPK Sudah Temukan Aset-Aset Sjamsul Nursalim

Candi-candi yang ada di kabupaten Sleman juga diminati oleh para pelancong. Tercatat ada 80.965 kunjungan ke Candi yang tersebar di Kabupaten Sleman.

Puncak kunjungan di destinasi wisata terjadi pada H+3 lebaran atau 8 Juni 2019. Total kunjungan mencapai 127.598 kunjungan pada 8 Juni 2019.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH