Kuliner
Wisata Kuliner di Hong Kong, Sempatkan Mampir ke Sini Hong Kong punya kuliner yang wajib kamu coba. (Foto: Unsplash/Davey Gravy)

UNTUK kuliner dengan cita rasa khas dan beragam, Hong Kong menjadi salah satu tujuan utama masyarakat sebagai kota pusat kuliner dunia. Masyarakat dapat memikirkan hidangan seperti bebek panggang yang sempurna, mi yang kenyal dengan daging sapi, atau satu nampan dimsum kukus.

Dari kelezatan lokal sederhana di Cha Chaan Teng (kafe lokal), hidangan klasik Kanton di Dai Pai Dongs (warung pinggir jalan), hingga anggur dan santapan mewah di restoran berbintang Michelin, Hong Kong wajib kamu cicipi.

Reputasi Hong Kong sebagai tujuan wisata kuliner yang menyajikan hidangan – hidangan fantastis diperkuat pada 2009, ketika Michelin Guide memulai debutnya di kota tersebut dengan memberikan 31 bintang pada 22 restoran ternama di Hong Kong. Dalam semalam, The Guide telah membuat gebrakan baru di antara pecinta kuliner, menjadikan Hong Kong sebagai pelabuhan untuk beberapa makanan terbaik di Asia dan juga bagi para koki ambisius untuk membuat pencapaian mereka.

Baca juga:

Pertama Kali Sejak 1969, Oscar 2021 Tidak Ditayangkan di Hong Kong

Wisata Kuliner di Hong Kong, Jangan Lupa Mampir ke Sini
8 ½ Otto e Mezzo BOMBANA. (Foto: Istimewa)

“Michelin Guide memperjuangkan kancah kuliner Hong Kong dengan menonjolkan standar tinggi untuk masakan Kanton. Pada 2009, The Guide memberikan Lung King Heen dengan tiga bintang Michelin, yang merupakan restoran Cina pertama dan satu-satunya di dunia pada saat itu yang menerima penghargaan tersebut, yang membantu mengangkat masakan Kanton untuk masuk ke dalam destinasi wisata kuliner,” kata Nicolas Achard, Managing Director Michelin Food & Beverage Asia.

Sampai hari ini, Lung King Heen masih memegang predikat tiga bintang Michelin dan menjadikannya restoran Tiongkok dengan kemenangan bintang tiga Michelin terpanjang dalam 12 tahun berturut-turut. Penghargaan yang tak tertandingi ini mendorong Lung King Heen serta hidangan Kanton masuk ke dalam daftar santapan lezat dan memikat para pecinta kuliner dengan menampilkan bahan-bahan segar dan teknik memasak khusus.

Keterampilan kuliner ini tidak dipelajari dalam semalam tetapi melalui pengalaman bertahun- tahun di bawah seorang masterchef.

Selain Lung King Heen, 8 ½ Otto e Mezzo BOMBANA, adalah restoran Italia pertama dan satu-satunya di luar Italia yang diakui dengan tiga bintang Michelin. Kepala Koki Umberto Bombana, telah tinggal di Hong Kong selama hampir tiga dekade. Ia menyukai energi, kenyamanan, dan nuansa cosmopolitan Hong Kong.

Baca juga:

Facebook dan Google akan Tinggalkan Hong Kong, Ada Apa?

Wisata Kuliner di Hong Kong, Jangan Lupa Mampir ke Sini
Masakan Kanton di Lung King Heen. (Foto: Istimewa)

Restoran terkenal lainnya adalah New Punjab Club, yang telah mengangkat hidangan Punjabi ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan menu hidangan seperti daging rusa tandoori yang disiram dengan lassi mangga yang menyegarkan, restoran ini juga merupakan restoran Pakistan pertama di dunia yang diakui dengan bintang Michelin.

Suasana makan yang semarak juga telah menarik banyak koki internasional untuk mendirikan restoran di Hong Kong. Salah satunya adalah koki Shane Osborn yang datang ke Hong Kong pada 2012 dan membuka St Betty untuk pertama kalinya, dua tahun kemudian dia mendirikan tempatnya sendiri, Arcane, dan pada 2018 diakui dengan bintang pertamanya.

Wisata Kuliner di Hong Kong, Jangan Lupa Mampir ke Sini
Mie dengan Wanton Udang di Mak Man Kee. (Foto: Istimewa)

Hong Kong tidak hanya dikenal dengan restoran mewahnya, tetapi juga restoran khusus pada makanan lokal yang dengan budget. Salah satunya adalah Tim Ho Wan, restoran yang memegang predikat bintang Michelin selama 10 tahun berturut-turut.

Bagi penikmat hidangan mie, Mak Man Kee Noodle Shop sudah berusia lebih dari enam dekade dan masih menyajikan mie telur kenyal dengan wanton udang ukuran besar. Sementara itu, Kai Kai Dessert terkenal dengan makanan penutup tradisional Kanton seperti sup wijen hitam dengan bahan wijen hitam segar yang baru digiling, sup almond, dan pangsit yang diisi dengan pasta wijen hitam. (and)

Baca juga:

Sempat Ditutup, Disneyland Hong Kong Kembali Dibuka

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Beratnya Hidup Artis Hollywood di Masa Lalu
ShowBiz
Cara Perawatan dan Penyetelan Rantai Motor yang Benar
Fun
Cara Perawatan dan Penyetelan Rantai Motor yang Benar

Rantai merupakan salah satu komponen penting pada motor.

Donor Organ dari Pasien COVID-19 tetap Aman
Fun
Donor Organ dari Pasien COVID-19 tetap Aman

Donor yang terinfeksi COVID-19 masih aman memberikan organnya.

Para Pemain Death on the Nile Berkumpul di Pameran Mesir
ShowBiz
BTS Umumkan Audisi Global Big Hit Music
ShowBiz
BTS Umumkan Audisi Global Big Hit Music

Audisi Big Hit Music dibuka khusus untuk pria yang lahir pada tahun 2002 atau lebih muda.

Pendiri Kakao Jadi Orang Terkaya di Korea, Intip Profilnya
Fun
Pendiri Kakao Jadi Orang Terkaya di Korea, Intip Profilnya

Kim Beom-su yang merupakan pendiri Kakao, secara mengejutkan menduduki puncak daftar orang terkaya Korea tahun 2022

Google Ikutan Peringati HUT 77 Kemerdekaan Indonesia
Fun
Google Ikutan Peringati HUT 77 Kemerdekaan Indonesia

Google Doodle merayakan HUT 77 Kemerdekaan Indonesia.

Kisah Kepanjangan Sinetron ‘Tersanjung’
ShowBiz
Kisah Kepanjangan Sinetron ‘Tersanjung’

Kisah yang tadinya direncanakan 20 episode untuk satu musim malah molor jadi 7 musim dengan total 365 episode secara keseluruhan.

3 Alasan Utama Putus
Hiburan & Gaya Hidup
3 Alasan Utama Putus

Banyak orang yang tidak mendapatkan kebahagiaan yang mereka harapkan dari pasangannya.

Bill Murray Bergabung di Film 'Ant-Man and the Wasp: Quantumania'
ShowBiz
Bill Murray Bergabung di Film 'Ant-Man and the Wasp: Quantumania'

Murray masih merahasiakan karakter apa yang akan diperankannya di Ant-Man and the Wasp: Quantumania.