Wisata Keraton Yogyakarta Tutup Tiga hari Keraton Yogyakarta (Sumber: Ist)

KERATON Yogyakarta akan ditutup untuk wisata selama 3 hari. Penutupan akan dilakukan pada Minggu 1 Agustus, Senin 12 Agustus dan Sabtu 17 Agustus 2019.

Tepas Tandha Yekti Keraton Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu menjelaskan penutupan dilakukan dalam rangka memperingati Hari Raya Iduladha dan Peringatan 17 Agustus.

Baca juga: Ritual Ruwatan Potong Rambut Anak Gimbal Dieng

"Selama bulan Agustus, berkaitan dengan adanya Hari Raya Iduladha dan Kemerdekaan RI, wisata Keraton Yogyakarta ditutup pada tiga tanggal yakni Minggu tanggal 1, Senin tanggal 12 dan Sabtu tanggal 17," kata GKR Hayu di Yogyakarta, Kamis (8/8).

Prosesi Garebeg di Keraton Yogyakarta (MP/Teresa Ika)
Prosesi Garebeg di Keraton Yogyakarta (MP/Teresa Ika)

Selama penutupan ini, diselenggarakan sejumlah prosesi dan acara budaya di dalam keraton Yogyakarta. Salah satunya adalah Garebek Besar. Hajad Dalem Garebeg Besar akan diselenggarakan pada Senin Wage 10 Besar atau 12 Agustus 2019.

Baca juga: Mengulas Keindahan Dataran Tinggi Dieng

Garebeg memiliki arti diiringi atau diantar oleh orang banyak. Hal ini merujuk pada Gunungan yang diiringi oleh para prajurit dan Abdi Dalem di dalam perjalanannya.

Dalam prosesi Garebeg pekan depan terdapat tujuh buah gunungan yang akan dibagikan di tiga tempat berbeda.

Masjid Kauman, Yogyakarta (MP/Fredy Wansyah
Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta (MP/Fredy Wansyah

"Lima gunungan yakni Gunungan Kakung, Gunungan Estri, Gunungan Darat, dan Gunungan Pawuhan akan dibagikan di halaman Kagungan Dalem Masjid Gedhe. Gunungan Gepak akan dibagikan di Pendhopo Kawedanan Pengulon di utara Masjid Gedhe," jelas Hayu

Sementara itu, dua Gunungan Kakung masing-masing akan dibagikan di Puro Pakualaman dan Kepatihan.

Baca juga: Fakta-Fakta Gunung Tangkuban Parahu, Objek Wisata Paling Populer di Jabar

Gunungan-gunungan tersebut akan dikawal oleh sepuluh bregada prajurit Keraton Yogyakarta. Acara ini berlangsung di pelataran Keraton Yogyakarta dan terbuka untuk umum. Gerebeg Besar akan dimulai pukul 07.00 WIB.

Aritkel ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH