Wisata ke Pulau Leebong, Coba 5 Olahraga Air Ini Ada berbagai aktivitas seru yang bisa dinikmati di Pulau Leebong (Foto: Leebong Island)

Memiliki belasan ribu pulau, tak salah jika Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan, ya Sahabat MerahPutih. Mulai dari Sabang sampai Merauke, pulau-pulau di Indonesia, baik yang sudah terjamah maupun belum, menampilkan berbagai keindahan alam.

Di Belitung ada satu pulau bernama Leebong, yang menawarkan keelokan bahari bagi para pengunjung. Selain bermain di pantainya, bersantai dan bersenda gurau, Pulau Leebong juga menyediakan beberapa fasilitas untuk olahraga air, apa sajakah itu?

1. Kayaking

Kayaking, fasilitas gratis yang disediakan Pulau Leebong (Foto: Leebong Island)

Kayak sendiri merupakan perahu kecil yang hanya menyediakan satu atau dua lubang untuk penumpangnya duduk dan mendayung. Awalnya kayak ini terbuat dari kayu dan digunakan untuk berburu. Tapi sekarang, aktivitas kayaking bisa ditemukan hampir di semua pantai dan pulau, misalnya saja di Pulau Leebong, Kepulauan Belitung ini.

Pulau Leebong yang dikelilingi gumuk pasir yang besar membuat sekeliling pulau tidak ada yang dalam, maksimal hanya tiga meter, jadi aman untuk melakukan kayaking. Tenang, fasilitas kayak disediakan gratis bagi yang menginap di Pulau Leebong, kok.

2. Banana Boat

Perahu karet berwarna kuning yang bentuknya mirip pisang ini pasti memberikan keseruan saat berlibur ke Pulau Leebong (Foto: Pixabay)

Nah, kalian yang senang berlibur ke pantai pasti tidak asing dengan aktivitas air satu ini. Ya, banana boat, perahu karet berwarna kuning berbentuk seperti pisang. Perahu ini bisa menampung 3-10 orang, tergantung ukuran. Di depannya, akan ada perahu motor yang menarik perahu karet ini.

Tenang, naik banana boat pasti aman, kok, karena setiap penumpang diberi jaket pelampung. Cukup Rp65 ribu untuk lima orang, kalian bisa seru-seruan selama 15 menit di banana boat Pantai Leebong.

3. Snorkeling

Snorkeling, atau menyelam di permukaan, aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Leebong (Foto: Leebong Island)

Snorkeling pastinya jadi suatu hal yang menyenangkan untuk dilakukan saat berlibur, apalagi Indonesia juga terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Bagi Anda yang tidak bisa berenang, jangan khawatir, karena snorkeling hanya menyelam di permukaan, lengkap dengan peralatan snorkel, masker selam, kaki katak, dan juga jaket pelampung.

Pulau Leebong menyediakan fasilitas peminjaman peralatan dan tempat cantik untuk dikunjungi saat snorkeling. Biayanya hanya Rp45 ribu. Oh iya Sahabat MerahPutih, jangan lupa bawa kamera yang bisa memotret dalam air ya!

4. Paddle Board

Menantang keseimbangan diri, paddle board bisa jadi aktivitas pilihan selama berlibur di Pulau Leebong (Foto: Website Leebong Island)

Sekilas mirip dengan kayak, tapi sebenarnya berbeda. Pada paddle board, tidak ada celah untuk penumpangnya duduk, karena hanya berupa papan datar. Penumpang yang ingin naik harus duduk, berusaha menyeimbangkan dirinya, dan tetap mendayung agar tidak terjatuh. Bisa dinaiki satu sampai dua orang, dengan paddle board yang tanpa dipungut biaya ini, kalian bisa keliling di sekitar Pulau Leebong, lho!

5. Jetski

Coba sensasi naik jetski di sekitar Pulau Leebong (Foto: Pixabay)

Pernah membayangkan naik sepeda motor di air? Nah, sensasi yang kalian dapatkan lebih kurang sama dengan naik jetski. Dengan Rp250 ribu, kalian bisa menyewa jetski di Pulau Leebong untuk dinaiki selama 15 menit. Sebelum menaikinya, Anda akan mendapat arahan dari instruktur mengenai keselamatan dan keamanan.

Nah, itu tadi kelima olahraga air yang bisa ditemukan di Pulau Leebong, Belitung. Semuanya bisa langsung dipesan dan dimainkan di Pulau Leebong. Jadi sambil menikmati keindahan alam, Anda juga bisa berolahraga air di pantai. Tertarik mencoba?



Irene Gianov

LAINNYA DARI MERAH PUTIH