Wisata Goa Cerme, Pesona Alam dan Kisah Walisongo

Zahrina IdzniZahrina Idzni - Kamis, 29 Desember 2016
Wisata Goa Cerme, Pesona Alam dan Kisah Walisongo
Goa Cerme, di Dusun Srunggo, DI Yogyakarta (MP/Fredy)

MerahPutih Travel - Yogyakarta merupakan daerah yang penuh akan perbukitan dan pegunungan. Tak ayal, di bumi keraton ini tersimpan pula banyak objek wisata alam perbukitan.

Salah satu wisata yang terkait perbukitan itu ialah Goa Cerme. Bukan hanya sekedar pesona bebatuan goanya semata, melainkan goa ini juga menyimpan kisah perjalanan Walisongo.

Goa ini menghubungkan dua desa di dua kabupaten, yakni Srunggo di Bantul dan Ploso di Gunungkidul. Pintu masuknya di Srunggo dan pintu keluar goa di Ploso Gunungkidul.

Di dalam goa menyajikan pemandangan stalagtit dan stalagmit serta terdapat sungai bawah tanah, canopy, gourdam, flowstone, gordin dan lain sebagainya.

Ada pula genangan air dengan ketinggian hingga mencapai 1,5 meter. Di beberapa sudutnya juga terdapat sarang kelelawar, tetapi para guide yang memimpin wisatawan sudah memahami bagaimana cara menghadapi sarang kelelawar agar suasana aman.

Goa Cerme, di Dusun Srunggo, Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta
Goa Cerme, di Dusun Srunggo, Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta

Total panjang goa mencapai 1,5 kilometer. Untuk mencapai dasar goa terdapat tangga dengan panjang 750 meter dan 760 anak tangga.

Goa Cerme memiliki banyak ruangan yang sering digunakan untuk bertapa. Ruangan tersebut, yakni panggung pertemuan, air zam zam, mustoko, air suci, watu kaji, pelungguhan/paseban, kahyangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan, batu gilang, lumbung padi, gedung sekakap, kraton, panggung, goa lawa dan watu gantung.

Semua itu membuat siapa pun yang masuk ke dalamnya akan merasakan sedikit suasana horor. Cukup memacu adrenalin. Namun, setiap pengunjung diwajibkan memasuki goa bersama guide, dengan membayar jasa guide sebesar Rp30.000.

Konon kabarnya, goa ini menjadi tempat berkumpulnya Walisongo. Obrolan di dalam goa ini, para wali merencanakan pembangunan Masjid di Demak.

Selain itu, penyebaran Islam dan beberapa lokasi ceramah juga menjadi perbincangan. Karena itulah, goa ini disebut Goa Cerme, yang berasal dari kata "ceramah".

Pengunjung dipungut biaya Rp2.500 per orang untuk masuk ke goa ini. Selain itu, pengunjung juga dimintai biaya parkir, Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Goa Cerme, di Dusun Srunggo, Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta
Goa Cerme, di Dusun Srunggo, Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta

Selain Goa Cerme, baca juga berita Yogyakarta lainnya seperti Inilah Lokasi-lokasi Pesta Kembang Api Malam Tahun Baru di Yogyakarta , Astaga, Ada Ketoprak Kuburan di Yogyakarta

#Wisata Yogyakarta #Goa Cerme #Kota Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Zahrina Idzni

Gaul, supel dan berkibarlah bendera negeri, Merah Putih Jaya
Bagikan