Wisata Edukasi Hutan Mangrove di Pangandaran (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/pras/15)

MerahPutih Wisata – Wisata Hutan Mangrove ternyata tidak hanya ada di Jakarta. Tetapi juga terdapat objek wisata yang sejenis di Pangandaran, Objek wisata Edukasi Mangrove Bulaksetra.

Objek wisata Edukasi Mangrove Bulaksetra itu sendiri terletak di kawasan desa Babakan Pangandaran, sekitar 15 menit sebelum pintu masuk Pangandaran, dengan menggunakan kendaraan masuk dari arah Pelabuhan Cikidang, dan berjalan menyusuri pesisir pantai Bulaksetra atau masuk dari sebelah SMAN 1 Pangandaran dan berperahu menyebrangi sungai menuju kawasan konservasi.

Ekosistem mangrove menjadi produk wisata yang menarik karena menyajikan fenomena alam yang beragam, mulai dari keanekaragaman jenis mangrove, jenis – jenis fauna yang terdapat dalam ekosistem tersebut seperti burung, mollusca (siput atau keong), ikan, jenis-jenis crustacea (kepiting) dan hewan-hewan lainnya.

Di kawasan mangrove ini, para pengunjung bisa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan tentang hutan mangrove dan fungsinya bagi lingkungan, proses terjadinya suksesi, dan berbagai pengetahuan lainnya terkait ekosistem mangrove.

Wisata ke kawasan ini akan menambah pengetahuan dan pengalaman para pengunjung, karena ekosistem mangrove di Bulak Setra ini masih dalam tahap pertumbuhan. Ini adalah saat yang tepat untuk memulai program edukasi dan adopsi mangrove.

BACA JUGA:

  1. Musim Hujan, Yuk Intip Tips Aman Berwisata ke Pantai Selatan
  2. Berwisata Akhir Tahun ke Pantai, Waspadai Ombak
  3. Gunung Munara, Primadona Wisata di Bogor

Tags Artikel Ini

Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH