Wisata 5 Pantai Menawan di Gunungkidul

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Sabtu, 13 Agustus 2016
Wisata 5 Pantai Menawan di Gunungkidul
Wisata Pantai Kukup, DI Yogyakarta, Rabu (4/11). (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

MerahPutih Wisata - Gunungkidul sejak beberapa tahun belakangan menjadi fenomenal dalam hal pesona pantainya. Ada pantai yang menyajikan deburan pasir putih, suara pantainya, tebing, hingga bentangan pantai yang masih perawan.

Di Yogyakarta, deretan pantai di Gunungkidul memang menjadi andalan wisata pantai. Pantai Gunungkidul dianggap masih unggul dibandingkan pantai-pantai di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulonprogo.

Dari sekian banyaknya pantai, mulai dari sisi paling barat hingga sisi paling timur Gunungkidul, tentu tidak semuanya menawan. Meski begitu, hampir seluruh pantainya layak dikunjungi karena sajian pesona alamnya.

Deretan pantai tersebut, merahputih.com merekomendasikan 5 pantai. Kelimanya menyajikan pesona nan menawan. Berikut ulasan singkat kelima pantai menawan tersebut.

1. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok hanyalah salah satu pantai yang menawan di sepanjang bibir laut selatan Gunungkidul, DI Yogyakarta. Tak seperti pantai umumnya, Jungwok terbilang masih perawan. Pemandangannya menyajikan hamparan batu karang dan pasir-pasir pantai.

Di sisi lainnya, Jungwok menyajikan pesona rimbunan tanaman pantai yang masih alami. Tak ayal, Pantai Jungwok kerap dijadikan lokasi nge-camp bagi wisatawan lokal, bahkan sesekali wisatawan mancanegara.

Belum lama ini, Merahputih.com menyambangi pantai paling timur Gunungkidul ini. Untuk mencapai lokasi, perlu kendaraan pribadi. Pasalnya, hanya kendaraan pribadilah yang mampu mencapai pantai ini.

2. Pantai Wediombo

Umumnya pantai berpasir tidak berkarang di tepiannya. Namun, berbeda halnya di Pantai Wediombo, Gunungkidul, DI Yogyakarta ini.

Karang-karang kecil di tepi laut selatan Pantai Wediombo justru bersahabat. Karang-karang tersebut justru menjadi punggung laut untuk menikmati suasana pantai. Tak hanya itu, karang-karang kecil juga tak menghalangi bagi siapa pun yang hendak bermain air pantai.

Pantai Wediombo merupakan salah satu objek wisata laut yang memesona di DI Yogyakarta. Letaknya di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Jaraknya sekira 40 km dari pusat kota Wonosari. Sementara perjalanan dari Kota Yogyakarta sekira 80 km. Lokasi memang agak jauh dari pusat kota Yogyakarta, namun bukan berarti tidak ada transportasi umum ke objek wisata paling timur pesisir selatan DI Yogyakarta ini.

3. Pantai Sundak

Pantai Sundak merupakan salah satu dari sekian banyak pantai menawan di Gunungkidul, DI Yogyakarta. Letaknya tak jauh dari Pantai Baron dan Pantai Kukup. Pantai ini menjadi pantai primadona bagi wisatawan yang hendak berfoto-foto ala padang pasair. Di sepanjang bibir pantai terhampar luas pasir pantai. Tempat ini pun sering digunakan wisatawan untuk bermain pasir pantai atau bermain voli pantai. Selain itu, keindahan bentangan pasir pantainya, Pantai Sundak dikenal sebagai pantainya padang pasir.

Di salah satu pembatas, dengan pantai di sebelahnya, terdapat tebing karang. Di sisi tebingnya terdapat gua karang pantai. Di sinilah asal usul nama Pantai Sundak. Konon kisahnya, gua tersebut dihuni anjing dan landak sehingga disebutlah nama pantainya "Sundak". Kata ini berasal dari kata "asu" dan "ndak", istilah yang digunakan dalam bahasa Jawa.

4. Pantai Kukup

Tak jauh dari Pantai Baron, tepat berada bersebelahan, Pantai Kukup juga cukup menjanjikan. Suasanya yang tak jauh berbeda dengan Baron, Pantai Kukup wajib dikunjungi. Selain menawarkan suasana karang, ada beragam daya tarik lainnya yang tentu tak dapat ditemui di Pantai Baron.

Di Pantai Kukup terdapat bukit karang. Bukit ini terpisah dari bibir pantai. Tak salah bila orang menyebut bukit tersebut dengan "Pulau Karang". Ketinggiannya sekitar 5 meter dari daratan pantai. Meski terpisah dengan bibir pantai, pengelola pantai menyediakan jembatan. Wisatawan pun bisa leluasa hilir mudik dari bibir pantai ke Pulau Karang.

Asyiknya lagi, di Pulau Karang tersedia pendopo untuk berteduh atau menikmati angin pantai selatan. Pemandangan dari atas pulau karang sangat memanjakan mata. Bayangkan, kawasan Pantai Baron pun dapat terlihat jelas. Sesekali pula, di saat senja, wisatawan dapat menyaksikan para nelayan.

5. Pantai Pok Tunggal

Dari banyaknya objek wisata pantai di Gunungkidul, pantai Pok Tunggal memiliki keunikan dan keindahan yang tidak bisa dilupakan. Hamparan pasir putih serta gugusan karang terjal yang menghimpit pantai menjadikan wisatawan memiliki banyak cara untuk mengeksplorasi tempat ini. Di tebing puncak karang, Anda tak semata disuguhi semilir angin pantai selatan saja, namun juga panorama bebatuan khas Gunung Sewu turut menambah indahnya suasana pantai.

Anda tidak perlu khawatir untuk mencari jalan mencapai puncak tebing, warga setempat telah membangun jalan bambu yang menyusuri tembok karang di sisi Timur pantai. Cukup membayar Rp2000 untuk retribusi yang ditarik di jalan masuk, Anda bisa menjadi saksi atas keindahan tersembunyi dari Pantai Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Yogyakarta dan berjarak 80 Km dari Kota Yogyakarta. Untuk mencapainya, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa dari Kota Yogyakarta dengan lama perjalanan kurang lebih 2 jam. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Puaskan Diri Menikmati Alam Laut di Pantai Bugel
  2. Sendang Sriningsih Rusak, Polda DI Yogyakarta Lakukan Penyelidikan
  3. Tingkatkan Pelayanan, Polda DI Yogyakarta Luncurkan Aplikasi Polisikita
  4. Spanduk Larangan Main Pokemon Go Bertebaran di Yogyakarta
  5. Tahun ini Total Calon Haji dari Jateng dan Yogyakarta Berjumlah 26.561
#Wisata Yogyakarta #Pantai Gunungkidul #Wisata Gunungkidul
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan