Wiranto Sudah Pegang Nama Dalang Kerusuhan Jakarta 22 Mei Menkopolhukam Wiranto di Jakarta (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

MerahPutih.com - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menyebutkan pemerintah sudah mengetahui dalang dari aksi kerusuhan yang terjadi pada Selasa malam hingga Rabu dini hari di sejumlah titik di Jakarta.

"Kami sebenarnya sudah mengetahui dalang aksi tersebut dan aparat keamanan akan bertindak tegas," kata Wiranto, saat konferensi pers di Media Center Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (22/5).

BACA JUGA: Jakarta Rusuh, Polisi Temukan Ambulans Partai Suplai Batu dan Senjata

Menurut Wiranto, berdasarkan rangkaian peristiwa hingga kerusuhan pecah, pihaknya melihat ada upaya membuat kekacauan nasional. Fakta itu, kata dia, terlihat dari pernyataan tokoh-tokoh yang kemudian menyalahkan aparat keamanan atas jatuhnya korban jiwa.

Ribuan anggota TNI disambut meriah oleh sejumlah massa Aksi 22 Mei di Gedung Bawaslu. Mereka rupanya lebih dihargai ketimbang dengab kehadiran Polri. Foto: MP/Kanugrahan

Menkopolhukam juga melihat ada upaya membangun kebencian hingga antipemerintah. Padahal, kata dia, ada aksi brutal yang dilakukan kelompok lain selain pengunjuk rasa adalah preman bayaran.

"Mereka menyerang petugas, merusak asrama Polri di Petamburan, membakar sejumlah kendaraan, dan aksi brutal lain," tegas pendiri partai Hanura itu, dikutip Antara.

BACA JUGA: Penjelasan Menko Polhukam Kenapa Kirim Video dan Foto WhatsApp Lemot

"Ada niatan atau skenario untuk membuat kekacauan dengan menyerang petugas, membangun antipati pemerintah dan membangun kebencian pemerintah yang sedang melakukan upaya kesejahteraan," tutup mantan Panglima ABRI era Soeharto itu.

demo
Massa melakukan perlawanan ke arah Brimob di Kawasan Petamburan, Jakarta, Rabu (22/5/2019) dini hari. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/pras

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan tercatat 6 orang meninggal dunia akibat kericuhan yang terjadi di Jakarta semalam hingga hari ini. Gubernur menambahkan ada sekitar 200 orang luka-luka imbas dari kerusuhan yang berawal dari pembubaran massa di depan Bawaslu RI, Selasa (21/5) malam kemarin. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH