Wiranto Sesumbar Pungli di Birokrasi Pemerintahan Menurun Ilustrasi (Foto: Screenshot saberpungli.id)

Merahputih.com - Menteri Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto menyatakan pungutan liar di beberapa tempat sudah jauh berkurang dibanding sebelumnya.

Wiranto ingin Satgas Saber Pungli tetap konsisten fokus mengawal ini karena sangat berpengaruh terhadap stabilitas harga di masyarakat.

"Ya kan dengan adanya pungutan liar di mana pun kan berpengaruh kepada daya beli masyarakat. Mengapa? Tatkala dari produsen ke konsumen, melewati jalur-jalur transportasi, apakah lintas Sumatera, apakah di Pantai Utara Pulau Jawa, dulu kan banyak pungli tuh," jelas Wiranto di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Senin (17/6).

BACA JUGA: Wiranto Beri Hormat Prabowo Imbau Pendukung Tak Serbu MK

"Nah, pungli-pungli itu kemudian dibebankan kepada ongkos produksi. Sehingga pada saat sampai ke konsumen harganya tinggi hingga menyebabkan biaya tinggi," sambung Wiranto.

Tahun ini mulai Januari hingga Mei, laporan yang diterima Satgas Saber Pungli via SMS ada 2.068 yang sudah ditangani.

Menko Polhukam Wiranto ditemui di Kantor Presiden usai rapat terbatas pada Senin (22/4/2019). (Bayu Prasetyo/Antaranews)
Menko Polhukam Wiranto ditemui di Kantor Presiden usai rapat terbatas pada Senin (22/4/2019). (Bayu Prasetyo/Antaranews)

Lalu laporan melalui media sosial (medsos) sebanyak 768 laporan, sebagian sudah tertangani. Ada juga 108 laporan lewat website, 40 laporan lewat surat, 30 laporan langsung, 7 laporan lewat email serta 7 laporan lewat call center.

"Itu semua menandakan bahwa masyarakat masih antusias, masih sangat ingin bahwa kehidupan di lingkungan mereka yang masih sarat dengan pungli itu bisa dihapuskan, itu memang kita lanjutkan. Dan tentu secara teknis, kita sudah adakan perbaikan-perbaikan prosedur dan sebagainya. Itu tadi rapat pada hari ini," jelas Wiranto.

Wiranto mencontohkan, pungli di sebagian wilayah Jawa dan Sumatera. "Itu terus dilanjutkan," singkat dia.

BACA JUGA: Wiranto Minta Masyarakat Tenang Jelang Sidang Perdana Sengketa Piplres di MK

Menurut Wiranto, selain karena keberadaan Satgas Saber Pungli, reformasi birokrasi yang digalakkan pemerintah juga berperan besar dalam menghapus pungli.

Akibatnya pengurusan perizinan jadi lebih cepat dan efisien. Masyarakat menurutnya kini jauh lebih percaya kepada aparat biroksasi. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH