Wiranto Sebut BJ Habibie Sosok Kreatif di Bidang Teknologi Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Wiranto. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Wiranto melayat ke rumah duka Bacharudin Jusuf Habibie di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (11/9) malam.

Kepada awak media, mantan Panglima ABRI itu mengatakan bahwa BJ Habibie merupakan sosok inspiratif yang berjasa di bidang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia.

Baca Juga:

Ketua MPR: Indonesia Kehilangan Sosok Negarawan

"Saya yakin bahwa dia memang satu sosok yang memang optimis. Sosok kreatif di bidang kemajuan teknologi waktu itu Pak Harto bawa teknologi ke hilir. Dari hulu itu pak Habibie," ujar Wiranto.

Jenazah Presiden Ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie tiba di rumah duka jalan Patra Kuningan VIII, Jakarta Selatan, Rabu, (11/9/2019). (merahputih.com/Rizki Fitrianto)
Jenazah Presiden Ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie tiba di rumah duka jalan Patra Kuningan VIII, Jakarta Selatan, Rabu, (11/9/2019). (merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Menurut Wiranto, Habibie merupakan orang pertama yang merintis kemajuan teknologi di Indonesia. Pasalnya, Habibie menciptakan pesawat pertama buatan Indonesia.

"Setelah menjadi presiden saya pernah jadi menterinya, dia merupakan orang yang sangat demokratis. Dia berhasil mengubah stigma orba ke perubahan yang cukup sulit dia bisa meyakinkan orang agar demokrasi baru di Indonesia," kata Wiranto

Wiranto menceritakan saat dirinya menjenguk Habibie sebelum mantan Menteri Riset dan Teknologi itu tutup usia. Menurut Wiranto, Habibie sempat memberikan masukan untuk kemajuan demokrasi Indonesia.

Baca Juga:

Muhammadiyah Sebut Habibie Sebagai Peletak Dasar Demokrasi Indonesia Baru

"Kemarin saat saya berkunjung dan ngobrol dia selalu memberikan pandangan yang positif yang demokratis dia yang punya pengalaman di berbagai macam bidang dia punya pandangan konstruktif," pungkas Wiranto.

BJ Habibie menghembuskan nafas terakhir di Cerebro Intensive Care Unit (CICU), Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Subroto, Rabu (11/9) setelah berjuang melawan penyakit yang dideritanya selama ini. (Pon)

Baca Juga:

Jenazah BJ Habibie Tiba di Rumah Duka Patra Kuningan

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH