Wiranto: Partisipasi Warga Saat Pemilu 2019 Lebihi Target RPJMN 2015-2019 /media/94/b6/b5/94b6b54045dc100dc5a3994c73acfb65.jpg

Merahputih.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 sangat tinggi yakni mencapai 80 persen. Data ini melebihi target RPJMN 2015-2019 sebesar 77, 5 persen.

"Hal ini, tunjukkan siapa pun presiden terpilih, punya legitimasi yang tinggi," ucap Wiranto kepada wartawan di Jakarta, Kamis (18/4).

Saat masa penghitungan, Wiranto meminta kepada masyarakat untuk tidak melakukan tindakan melawan dan mengganggu ketertiban hukum.

"Ingatkan kepada masyarakat untuk tetap tenang, tidak lakukan tindakan anarkis yang langgar hukum dan perundangan yang berlaku, sambil menunggu hasil resmi perhitungan suara oleh KPU," ucap Wiranto.

Menkopolhukam Wiranto usai apel bersama pengamanan Pemilu 2019 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (22/3) (MP/Kanugraha)

Wiranto menyebut pelaksanaan pemilu sampai tahap pemilihan atau pencoblosan berlangsung damai. Menurutnya, tidak ada laporan gangguan keamanan yang merusak jalannya pemilu.

"Tahapan pemungutan suara berjalan aman, tertib, lancar, dan damai. Kondisi ini tidak lepas dari peran serta semua pemangku kepentingan," ucap Wiranto.

TNI-Polri akan bertugas menjaga keamanan sampai masa akhir tahapan pemilu. Mereka akan menindak tegas perusuh yang ganggu ketertiban.

"TNI Polri akan tidak tegas untuk menindak dan netralisir berbagai aksi yang nyatanya akan mengganggu ketertiban dan semua upaya serta keutuhan bangsa Indonesia," ucap Wiranto. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH