Wiranto Minta Masyarakat Tenang Jelang Sidang Perdana Sengketa Piplres di MK Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto mengimbau masyarakat tetap tenang jelang persidangan perdana perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) capres dan cawapres Pemilu 2019 yang akan digelar di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (14/6) besok. Sebab, pihak TNI-Polri telah siap siaga untuk menjaga keamanan.

"Aparat keamanan selalu waspada menjaga keamanan dan segala kemungkinan yang terjadi sudah di antisipasi. Sehingga, masyarakat supaya tenang, baik di ibu kota atau daerah-daerah yang dianggap kritis, saya kira aparat keamanan terus berjaga-berjaga," ujar Wiranto di Mekopolhukam, Jakarta Pusat, Kamis (13/6).

BACA JUGA: Ini Rekayasa Lalu Lintas Saat Sidang Sengketa Pilpres di MK Besok

Apalagi tim BPN merilis video dimana calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto sudah meminta kepada pendukungnya tak berbondong-bondong datangi MK saat sidang sengketa pemilu 2019.

"Apalagi sebenarnya dengan pernyataan pak prabowo kemarin, kita betul-betul sangat mengapresiasi," tuturnya.

Petugas keamanan melintas di depan Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (23/5/2019). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Pemerintah sendiri akan melakukan pencegahan arus massa yang ingin ke Jakarta guna mengikuti sidang sengketa pemilu di MK.

"Kita mencoba untuk melakukan suatu pencegahan mengalirnya massa ke Jakarta. Ini dalam rangka pengamanan Jakarta terus-menerus ya," tutur dia.

BACA JUGA: Gugatan Pemilu di MK oleh Prabowo-Sandi Dinilai Cacat Prosedur

Pencegahan aliran massa, juga bakal dilakukan di kota-kota lainnya selain Jakarta oleh aparat kepolisian.

"Kita ingin agar persidangan MK ini merupakan kesepakatan para kontestan. Kita syukuri dan apresiasi. Harapan semuanya ini konsisten, agar keputusan MK nanti diterima semua pihak," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH