Wiranto Desak Polri Tangkap Pelaku Pelecehan Bendera Merah Putih di Papua Menkopolhukam Wiranto. (MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Menkopolhukam Wiranto menggelar rapat mengenai situasi terkini berkaitan dengan rusuh di sejumlah wilayah di Papua. Pemerintah menyesalkan aksi pelecehan bendera Merah Putih di Jatim dan aksi provokasi yang memicu rusuh di Papua dan Papua Barat.

"Pemerintah tentu menyesalkan adanya insiden yang saat ini sedang berkembang tentang pelecehan bendera Merah Putih di Jatim yang disusul oleh pernyataan negatif oleh oknum-oknum yang memicu aksi di beberapa daerah terutama di Papua dan Papua Barat," ujar Wiranto di kantornya, Senin (19/8).

Baca Juga: TNI-Polri Gandeng Tokoh Adat Cegah Bentrokan di Manokwari Makin Meluas

Bekas Panglima TNI ini mengatakan pemerintah memberikan insruksi kepada aparat penegak hukum untuk melakukan pengusutan terhadap tindakan pelecehan bendera Merah Putih.

Menkopolhukam Wiranto (Antaranews)
Menkopolhukam Wiranto (Antaranews)

"Diusut secara tuntas dan adil kepada siapapun yang melakukan pelanggaran hukum. Dan juga diusut pihak yang memanfaatkan insiden ini untuk kepentingan negatif," sambungnya.

Baca Juga: Mendagri Cari Momen Tepat Temui Gubernur Papua, Papua Barat dan Jatim

Meski tak menjelaskan detailnya, namun menurut Wiranto, pernyataan negatif tersebut memicu aksi demonstrasi di sejumlah daerah di Papua.

"Pernyataan itu memicu aksi di Papua dan Papua Barat yang nyata-nyata kita anggap mengganggu kebersamaan, persatuan kita sebagai bangsa," lanjut Wiranto.

Baca Juga: Risma Buka Suara Soal Pengusiran Mahasiswa Papua di Surabaya

Wiranto melanjutkan, pemerintah telah menginstruksikan kepada pihak berwenang untuk mengusut insiden pelecehan bendera. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH