Wiranto Berharap Jokowi dan Prabowo Segera Bertemu untuk Rekonsiliasi Menko Polhukam Wiranto memberikan keterangan pers kepada para jurnalis di Gedung KPU, Jakarta Pusat (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto berharap Presiden terpilih Jokowi Widodo dan capres Prabowo Subianto segera bertemu dalam rangka membahas rekonsiliasi.

Hal itu disampaikan Wiranto saat menghadiri rapat pleno penetapan presiden dan wakil presiden terpilih di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (30/6).

"Dua tokoh kita harapkan pak Jokowi dan pak Prabowo bisa segera bertemu, untuk bicarakan bangsa Indonesia," ujar Wiranto di lokasi.

Menurut mantan Panglima ABRI ini pertemuan kedua tokoh yang sempat menjadi rival pada Pilpres 2019 itu penting dilakukan untuk mengurangi dampak polarisasi yang semakin meruncing di antara pendukung kedua belah pihak.

Presiden Jokowi dan Kiai Ma'ruf di Gedung KPU
Presiden terpilih Jokowi dan Wapres Terpilih Kiai Ma'ruf di Gedung KPU, Jakarta Pusat (MP/Ponco Sulaksono)

"Kita berharap dengan penetapan ini kebersamaan ini dapat terjalin kembali. Atau istilahnya yang dipopulerkan proses rekonsiliasi dapat berjalan dengan baik," kata Wiranto.

Di sisi lain, Wiranto menyebut proses tahapan pemilu 2019 sudah berjalan dengan baik. Penetapan presiden dan wapres terpilih yang dilakukan KPU pada hari ini, adalah tahapan terakhir pasca sidang sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Saya kira kita sudah melampaui suatu tahapan yang sangat penting dalam kita berdemokrasi, ya ini pemilihan umum yang boleh dikatakan paling besar paling rumit dan kita sudah dapat lalui dengan baik," ucap Wiranto.

Purnawirawan jenderal bintang empat ini pun mengaku bersyukur tahapan Pemilu 2019 dilalui dengan baik. Usai proses penetapan presiden dan wapres terpilih, ia berharap dapat memulai suatu tahapan pembangunan nasional.

"Kita berharap dengan penetapan ini kebersamaan ini dapat terjalin kembali. Atau istilahnya yang dipopulerkan proses rekonsiliasi dapat berjalan dengan baik. Dua tokoh kita harapkan pak Jokowi dan pak Prabowo bisa segera bertemu, untuk bicarakan bangsa Indonesia," tandasnya.

BACA JUGA: Berbusana Putih, Jokowi-Ma'ruf Hadiri Penetepan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Hadiri Penetapan Presiden-Wapres Terpilih, Mendagri Apresiasi Kinerja KPU

Penetapan presiden dan wakil presiden terpilih dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak seluruh gugatan yang diajukan oleh pasangan capres dan cawapres 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara KPU, pasangan capres dan cawapres 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin unggul dari pasangan Prabowo-Sandi. Dengan demikian, KPU akan menetapkan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2019.(Pon)

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH